Matt Mullenweg, Sang Pendiri WordPress

By on May 30, 2013
Matt-Mullenweg-Sang-Pendiri-Wordpress-1

Popularitas blog memang semakin meningkat. Jumlah pengguna layanan ini juga terus bertambah. Seiring dengan bertambahnya minat pengguna internet untuk berbagi informasi di dunia maya, maka ketenaran WordPress sebagai salah satu layanan blogging juga semakin menanjak. Hingga saat ini, WordPress sudah memasuki usia 10 tahun. Sejak didirikan oleh Matt Mullenweg pada tahun 2003, layanan CMS dengan model blog ini sudah menjadi salah satu bisnis online terbesar di dunia.

Menurut Valent Mustamin yang merupakan WordPress Evangelist menyatakan bahwa satu dari enam website yang ada di internet diperkuat oleh WordPress. Fakta ini tentunya cukup menjadi bukti akan ketenaran WordPress. Hingga saat ini, WordPress mencatat bahwa ada sekitar 66,283 situs web yang menggunakan platform WordPress. Tidak hanya itu saja, pengguna wordpress memproduksi sekitar 41,5 juta konten baru setiap bulannya dan 53,2 juta komentar per bulan. Namun mengenal WordPress tentunya tidak akan lengkap sebelum mengenal siapa pendirinya terlebih dahulu.

Mengenal Sosok Matt Mullenweg

Sebagian besar pengguna internet tentu sudah tidak asing dengan nama Matt Mullenweg. Akan tetapi tahukah Anda bahwa Matt Mullenweg merupakan seorang pecinta musik jazz? Karena itulah platform blog besutannya itu memiliki nama yang mirip dengan nama musisi jazz yang sangat terkenal. Awalnya WordPress bermula dari aplikasi open source yang bernama b2/cafeblog. Para pendirinya sendiri adalah Matt Mullenweg dan Mike Little.

Dasar kelahiran WordPress sendiri berawal dari keinginan untuk menyediakan satu sistem penerbitan personal yang memiliki arsitektur yang baik, elegan dan berbasis pada PHP dan MySQL. Lebih dari itu, aplikasi ini juga tersedia secara Open Source dengan lisensi GPL. Meski awalnya WordPress merupakan pecahan dari b2, kini pendiri b2 yakni Michael Valdrighi juga turut mengembangkan WordPress. Sedangkan nama WordPress sendiri sebenarnya merupakan usulan dari Christine Selleck yang merupakan teman Matt.

Penggila Musik Jazz

Matt-Mullenweg-Sang-Pendiri-Wordpress-2

Matt Mullenbeg sangat menyukai musik. Bahkan ia mengaku selalu mendengarkan musik setiap hari. Ia juga suka dengan Jay-Z dan Beyonce. Sebenarnya Matt merupakan orang yang terlahir di lingkungan yang sudah tidak asing dengan komputer. Ayahnya adalah seorang computer engineer di Houston sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Sejak kecil Matt juga sudah digiring untuk mencintai musik, terutama musik saksofon. Pada saat ia remaja, ia juga bersekolah di sekolah menengah khusus seni dan mengambil jurusan studi musik Jazz. Namun selama di sekolah ternyata ia juga semakin mengembangkan kemampuan teknisnya bahkan ia sering melakukan setting jaringan dan mengetuai kelompok penggemar palm.

Beberapa waktu kemudian Matt mulai menyusun kode penyusun piranti lunak bahkan sejak SMA ia sudah terlibat dalam beragam aplikasi open source. Pada saat ia berusia 19 tahun, ia meninggalkan kampusnya yaitu University of Houston dan mulai bekerja di Cnet. Mulai saat itu ia mulai memperoleh kesempatan lebih banyak untuk mengembangkan aplikasi open source hingga menemukan WordPress yang kini semakin membesarkan namanya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *