Matt Mullenweg, Pendiri WordPress yang Cinta Jazz dan Barbeque

By on June 5, 2014
1.Matt Mullenweg, Pendiri Wordpress yang Cinta Jazz dan Barbeque.1

Jika ada yang bertanya mengenai sistem terbaik untuk mengelola konten yang ada di internet, sebagian orang mungkin akan menjawab WordPress. Platform open source ini dibuat oleh Matt Mullenweg sebelas tahun silam. Mullenweg sendiri adalah orang yang sangat menyukai barbeque dan musik jazz.

Mullenweg sejak kecil telah dibimbing oleh orangtuanya untuk menykai musik, khususnya saksofon. Saat berada di bangku SMA, dia masih menekuni musik jazz dan bermain saksofon dan masuk sekolah tinggi seni.

Mellenweg mengaku sudah menghabiskan banyak waktu untuk jazz. Setelah terjun di industri teknologi, dia juga menjadi seorang musisi. Bahkan sampai saat ini dia sangat mengagumi Dexter Gordon yang merupakan pemain saksofon.

Kegemaran Mellenweg pada musik jazz juga turut disalurkan pada WordPress. Tiap versi besar dari WordPress selalu diberi nama dengan kode dari pemusik jazz ternama mulai dari WordPress 1.0 dengan Miles Davis hingga versi 3,9 dengan Jimmy Smith yang diperkenalkan pada April 2014. Sementara itu, nama musisi idolanya, Dexter Gordon digunakan pada WordPress 2,3.

Chief Barbeque Taste Tester

Mullenweg lahir di sebuah keluarga yang familiar dengan komputer. Ayah Mullenweg adalah seorang teknisi komputer. Keluarga Mullenweg tinggal di Texas, negara bagian AS yang khas dengan kuliner barbeque. Pria kelahiran 11 Januari 1984 ini mengaku sangat menyukai barbeque.

Kesukaannya pada barbeque juga turut dibawanya dalam jabatan di Automatic, perusahaan yang menjadi pengembang platform WordPress. Dia adalah pendiri dan chief executive officer di Automatic. Tetapi ia lebih senang menuliskan jabatannya sebagai CBTT atau Chief Barbeque Taste Tester.

Nama jabatan tersebut tidak hanya untuk dirinya saja tetapi juga para karyawannya seperti customer support yang diberi nama happines engineer. Sedangkan jabatan untuk pemrograman dijuluki dengan code wrangler, quantum bug creator, Javascript wrangler, codespanker, dan lain sebagainya.

Sejak berdiri pada tahun 2003, WorPress memang berkembang pesat dan menghasilkan untung. Saat ini Matt Mullenweg berusaha memperluas bisnis, memperkuat infrastruktur, dan merekrut karyawan baru.

WordPress juga dengan cepat dipercaya menjadi CMS oleh beberapa situs web ternama seperti Mashable, CNN Political Ticker, ArtsBeat, Boing Boing, Techrunch, dan lainnya. Dari sekian banyak situs di dunia, sekitar 22 persen di antaranya menggunakan platform WordPress.

WordPress Mencari Orang Indonesia

Sampai pertengahan tahun 2013, perusahaan Automattic telah mempekerjakan sekitar 185 karyawan di dunia. Sebagian besar karyawannya bekerja secara remote asal terhubung dengan internet untuk kelancaran komunikasi.

Mullenweg pernah mengatakan bahwa ia berniat untuk merekrut karyawan dari Indonesia untuk posisi happiness engineer. Ini karena bahasa Indonesia terletak di posisi ketiga sebagai bahasa yang banyak digunakan pada platform WordPress.com setelah English dan Spanyol.

Terdapat sekitar 1,7 juta situs WordPress menggunakan bahasa Indonesia. Matt Mullenweg memprediksikan situs – situs tersebut mendapat 200 juta page view setiap bulannya.

Sumber:http://tekno.kompas.com/read/2014/06/04/0905008/Kisah.Pendiri.WordPress.Antara.Jazz.dan.Barbeque  

matt mullenweg, pendiri wordpress, wordpress, sosok tekno

BACA JUGA:

Meg Whitman, CEO Wanita dengan Pendapatan Termahal di Dunia

Kisah Perjalanan Hidup Penemu Mouse Komputer

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *