Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook

By on May 13, 2013
Mark-Zuckerberg-Sang-Pendiri-Facebook-1

Mark Zuckerberg merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh dan tokoh terkenal di dunia teknologi karena ia adalah orang yang berhasil menciptakan situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia hingga saat ini. Mulai dari anak–anak sampai orang dewasa sekarang sudah memiliki akun Facebook. Facebook dianggap sebagai jejaring sosial yang mudah digunakan dan memiliki fitur–fitur lengkap untuk saling berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya. Berkat penemuannya itu, Mark kini masuk ke dalam satu daftar orang terkaya di dunia dengan usia yang masih muda.

Biografi Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg yang memiliki nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Ia adalah anak dari pasangan Edward Zuckerberg dan Karen Zuckerberg. Ayahnya bekerja sebagai seorang dokter gigi dan ibunya adalah seorang psikiater. Mark memiliki tiga orang saudara perempuan yang bernama Randi, Donna, dan Arielle. Mark dan ketiga saudaranya dibesarkan di sebuah kota di tepi Sungai Hudson tepatnya di Dobbs Ferry, New York.

Sejak masih kecil, Mark sudah gemar mengutak–atik komputer, mencoba mengoperasikan berbagai program di komputer, dan mencoba membuatnya sendiri. Mengetahui hal ini, ayah Mark membelikan sebuah komputer saat ia berusia 8 tahun. Ketika ia mengenyam pendidikan di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, Mark dan temannya yang bernama D’Angelo berhasil membuat plug in untuk Winamp.

Plug in merupakan program komputer yang mampu berinteraksi dengan aplikasi host seperti email atau web browser untuk keperluan tertentu. Sebelum masuk ke Phillips Exeter Academy, Mark juga bersekolah di Arsley. Di sekolah, Mark unggul dalam ilmu pengetahuan dan studi klasik. Saat lulus dari sekolah menengah atas, Mark bisa membaca dan menulis Ibrani, Prancis, Yunani Kuno, dan Latin. Ia kemudian masuk ke Harvard University. Pada tahun kedua kuliahnya, Mark bertemu dengan gadis pujaan hatinya seorang mahasiswi kedokteran bernama Priscilla Chan. Kemudian pada September 2010, Mark dan pacarnya mulai hidup bersama. Kekayaan pribadi Mark Zuckerberg pada tahun 2011 tercatat 13,5 triliun dollar.

Sejarah Munculnya Facebook

Mark-Zuckerberg-Sang-Pendiri-Facebook-2

Saat masuk ke Universitas Harvard, Mark berpisah dengan D’Angelo karena D’Angelo masuk ke Caltech. Di Harvard, Mark menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa secara online karena universitasnya saat itu tidak menyediakan face book (buku mahasiswa yang berisi identitas dan foto mahasiswa di universitas tersebut) untuk mahasiswa baru sebagai media pertemanan.

Namun, setiap kali Mark menawarkan diri untuk membuat direktori itu, pihak universitas selalu menolak. Walaupun ditolak, Mark selalu berusaha mencari cara untuk mewujudkan keinginannya. Proyek pertamanya adalah CourseMatch yang memungkinkan teman–teman di kelasnya saling berkomunikasi di web tersebut. Pada tahun kedua kuliah di Harvard, Mark menyabot data beberapa mahasiswa disana dan memasukkanya ke web yang telah ia buat yaitu Facemash. Namun karena Facemash ini, Mark diperkarakan karena ia dianggap telah mencuri data. Ia pun segera minta maaf pada teman–teman yang fotonya ia masukkan ke Facemash. Namun, Mark tidak menyesali tindakannya dan ia pun membuat situs bernama Facebook yang ia luncurkan pada tahun 2004. Baru-baru ini situs ciptaannya mengeluarkan tampilan baru yang dinamakan Facebook Newlook dan aplikasi smartphone Facebook Home.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *