Larry Page, Sang Pendiri Google Yang Kreatif

By on January 1, 2014
Larry Page, Google

Jika berbicara tentang Google, Anda tentu akan langsung teringat dengan perusahaan raksasa yang menguasai berbagai produk tercanggih di dunia teknologi. Produk-produk Google bahkan sudah tidak asing lagi digunakan seperti Google Chrome, YouTube, dan juga smartphone Android yang saat ini merajai pasar gadget.

Namun, di balik kejayaan Google tersebut, apakah Anda tahu siapakah orang yang mendirikan perusahaan besar ini? Ya, Larry Page adalah salah satu dari dua sosok tokoh penting yang mendiirkan perusahaan ini. Ia mendirikan Google bersama dengan Sergey Brin. Lalu, bagaimanakah perjalanan hidup Page yang hingga sukses menjadi milyader seperti saat ini?

Masa Kecil

Larry Page saat ini merupakan Presiden Google Inc. Anak dari pasangan Carl Vincent Page dan Gloria Page ini lahir di Lansing, Michigan pada tahun 1973. Ayahnya adalah seorang profesor ilmu komputer di University of Michigan sedangkan ibunya adalah guru pemrograman komputer di universitas yang sama.

Setelah menyelesaikan studi di Universitas Stanford, pria yang memiliki nama asli Lawrence E. Page ini berkenalan dengan Sergey Brin. Walaupun awalnya keduanya sering tak sependapat, mereka kemudian menjadi akrab.setelah mendiskusikan tentang pencarian informasi dan data besar. Keduanya kemudian membuat makalah yang menjadi karya terbaik mereka. Bahkan makalah tersebut menjadi salah satu makalah ilmiah yang paling banyak dicari di Universitas Stanford.

pendiri google

Mendirikan Google

Setelah lulus kuliah, Page dan Brin mulai merancang proyek yang kelak menjadi cikal bakal lahirnya mesin pencari Google. Setelah mencoba menawarkan berbagai gagasan tetapi gagal, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat rencana bisnis dan menghabiskan investasi awal sekitar $ 1 juta untuk mendirikan perusahaan mereka sendiri.

Pada September 1988, Google Inc resmi dibuka di Menlo Park, California. Sejak saat itu, perusahaan ini tumbuh dengan pesat dan mendapat banyak sekali karyawan. Beberapa kantor bahkan harus direlokasi karena keterbatasan tempat. Google Inc kemudian menetap di sebuah tempat yang saat ini dikenal dengan Mountain View di California.

Pada Oktober 2004, Google melaporkan hasil kuartal pertama mereka sebagai perusahaan publik dengan jumlah penerimaan $ 805.9 juta. Di tahun 2005, kekayaan Page diperkirakan telah mencapai USD 12 milyar. Hal itu telah membawanya masuk pada urutan orang terkaya ke-16 versi majalah Forbes dan urutan 27 untuk orang terkaya di dunia.

Selama beberapa tahun, Google yang dipimpin oleh Page dan Brin membuat banyak inovasi. Pada tahun 2006, karyawan yang dimiliki Google sudah mencapai sekitar 5000 karyawan.

Selain menjadi pimpinan Google, Larry Page juga menjadi anggota NAC (National Advisory Committee) di Michigan College of Engineering. Selain itu, Larry dan Brin juga pernah mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Page juga menjadi wali direksi X Prize,

Di tahun 2006, Google membuat kejutan dengan membeli Youtube dengan harga yang fantastis yaitu USD 1,65 milyar, Beberapa tahun kemudian Google semakin merajai dunia teknologi dengan meluncurkan sistem operasi Android.

pendiri google

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *