Komentar Khusus Pendiri WhatsApp tentang Indonesia

By on June 25, 2013
Komentar-Khusus-Pendiri-WhatsApp-tentang-Indonesia-1

Era smartphone telah cukup lama menancapkan kukunya di Indonesia. Android, Blackberry, dan iPhone merupakan tiga pemain utama yang mendominasi pangsa pasar smartphone tanah air. Fenomena berkembangnya pasar smartphone di Indonesia, juga turut mengundang fenomena lainnya bagi masyarakat pengguna telepon pintar. Seperti yang kita ketahui pesan singkat yang lebih dikenal dengan SMS (Short Messange Service) sudah mulai ditinggalkan. Pengguna smartphone beralih menggunakan aplikasi layanan chatting.

Di Indonesia, aplikasi layanan chatting paling popular dan pertama yang berbasis Android, Blackberry, dan iPhone adalah WhatsApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar bagi pengguna iPhone namun gratis bagi pengguna Android dan Blackberry. Pertumbuhan pengguna layanan WhatsApp di Indonesia berkembang sangat pesat. Bahkan menurut pendiri WhatsApp, Brian Acton, Indonesia merupakan salah satu dari lima negara yang menjadi pangsa pasar paling penting bagi perusahaan WhatsApp. Hal ini dilihat dari tingkat pertumbuhan pengguna layanan WhatsApp dan juga jumlah pengguna layanan WhatsApp. Jelas saja hal ini mengundang Brian Acton sebagai pendiri WhatsApp untuk mengomentari secara khusus tentang perkembangan aplikasi WhatsApp di Indonesia, serta karakteristik orang Indonesia pada umumnya.

Karakter Orang Indonesia

Brian Acton secara khusus mengomentari tentang karakter orang Indonesia. Ia mengatakan pertumbuhan yang sangat pesat akan aplikasi WhatsApp di Indonesia merupakan salah satu indikator karakteristik orang Indonesia. Juru bicara WhatsApp Neeraj Arora, menyimpulkan bahwa penduduk Indonesia terdiri dari orang-orang yang suka ngobrol. Oleh karena itu layanan WhatsApp semakin mendorong orang Indonesia untuk saling bertegur sapa dan mengobrol. Arora mengatakan bahwa orang Indonesia memiliki karakteristik yang hobi chatting bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Belum lagi layanan ini merupakan layanan gratis, sehingga semakin banyak orang Indonesia yang beralih menggunakan layanan seperti WhatsApp.

Persaingan di Pasar Indonesia

Komentar-Khusus-Pendiri-WhatsApp-tentang-Indonesia-2

Pengguna aplikasi WhatsApp di seluruh dunia hingga saat ini berjumlah 250 juta pengguna dan terdapat 27 milliar pesan yang diproses setiap harinya. WhatsApp belum mengumumkan berapa jumlah pasti pengguna WhatsApp di Indonesia. Menurut WhatsApp, pasar di Indonesia masih sangat memungkinkan untuk digarap. Mereka juga tidak gentar menghadapi persaingan pasar yang kian sengit setelah Line, WeChat, dan Kakao Talk ikut meramaikan pasar layanan sejenis di Indonesia.

WhatsApp melihat persaingan ini dengan cermat dan mengatakan akan tetap mempertahankan layanan gratisnya bagi pengguna smartphone di Indonesia. WhatsApp juga siap bersaing dengan layanan-layanan gratis lainnya dengan strategi meningkatkan kualitas aplikasi, memperlancar pengiriman pesan, dan menambah fitur-fitur baru yang menarik bagi pengguna layanan WhatsApp. WhatsApp juga akan mempererat kerja sama dengan operator seluler di Indonesia. Hal ini dilakukan agar pengguna WhatsApp semakin bertumbuh dan juga untuk peningkatan pelayanan bagi pengguna WhatsApp diseluruh Indonesia.

About

One Comment

  1. hendra

    November 10, 2013 at 9:09 am

    coba whatsapp seperti bbm yah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *