Kisah Perjalanan Hidup Penemu Mouse Komputer

By on April 23, 2014
1.Kisah Perjalanan Hidup Penemu Mouse Komputer1

Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa sebenarnya penemu mouse komputer? Walaupun bentuk alat ini sangat sederhana tapi fungsinya benar-benar membantu kita untuk mengarahkan pointer di komputer atau laptop kesayangan dengan sangat mudah. Anda tidak perlu repot-repot memindahkan jari-jari untuk mengoperasikan komputer, cukup gerakkan dan tekan tombolnya maka semua perintah bisa dijalankan dengan cepat.

Rupanya, penemu mouse komputer adalah seorang pria bernama Douglas Engelbart. Pria kelahiran Portland, Oregon pada tanggal 30 Januari 1925 ini pernah bekerja di United States Army. Di sana, Engelbart muda bekerja sebagai teknisi radar yang berada di Filipina.

Lalu, bagaimana cerita hingga akhirnya bisa menemukan alat canggih bernama mouse yang dipakai hingga saat ini? Hal tersebut bermula di tahun 1967. Ia bersama rekannya bernama Bill English mengajukan paten untuk sebuah alat.

Alat tersebut tidaklah seperti bentuk mouse yang sekarang Anda nikmati. Bentuk awalnya adalah berupa kotak kayu dengan 2 roda besi dibawahnya sebagai penggerak. Setelah menempuh berbagai proses paten, akhirnya alat dari kayu tersebut mendapatkan hak paten dari pemerintah Amerika pada tahun 1970.

penemu mouse, sosok tekno, aplikasi komputer, mouse komputer, douglas engelbart

Pada  awal ditemukannya, benda kecil itu tidak langsung diberi nama seperti nama yang sekarang. Engelbart sendiri mendaftarkan nama benda ciptaannya tersebut dengan sebutan X-Y position indicator for a display system.

Kemudian, nama yang panjang tersebut diganti dengan mouse. inspirasi nama tersebut adalah karena kotak kayu tersebut memiliki kabel sehingga mirip dengan seekor tikus. Sebenarnya, ada kisah tragis dibalik mouse ini.

Ternyata Engelbart dan English tidak pernah menerima royalti sepeserpun dari kreasinya tersebut. Menurut pengakuan Engelbart, pihak perusahaan ditempat ia bekerjalah yang memegang hak paten produk tersebut.

Bahkan, beberapa tahun kemudian alat bernama mouse ini justru dijual ke perusahaan Apple Computer hanya bandrol harga US$40.000 saja. Semasa hidupnya, penemu mouse komputer ini dikenal sebagai seorang yang bijaksana.

Engelbart selalu berkata bahwa ketika ia bekerja maka fokusnya adalah bagaimana membuat bumi bisa menjadi tempat yang lebih baik lagi. Menurutnya, intelektualitas seseorang yang digunakan secara maksimal akan membuat bumi menjadi lebih baik lagi.

Ia menambahkan bahwa komputer adalah alat bantu yang menjadikan hidup di dunia menjadi lebih baik. Dengan alasan itu pula Engelbart berhasil menemukan sebuah alat yang disebut dengan mouse. Dari alat tersebut ia berhasil membuktikan bahwa intelektualitas yang dimilikinya menghantarkan manusia untuk menjadi lebih baik.

Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna komputer atau laptop mampu melakukan perintah dengan lebih cepat dan mudah dengan adanya mouse. Sayangnya, di tahun 2007 menderita penyakit Alzheimer dan diperparah dengan penyakit gagal ginjal.

Akhirnya, pada tanggal 2 Juli 2013 Douglas Engelbart menghembuskan nafasnya yang terakhir. Penemuan yang dipakai hingga sekarang membuatnya tetap hidup.

 penemu mouse, sosok tekno, aplikasi komputer, mouse komputer, douglas engelbart

BACA JUGA:

Enam Bidadari Di Bidang Informasi Teknologi Dunia

Nasib Fotografer Wallpaper Windows XP Saat Ini

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *