John Chen, Sang Pahlawan BlackBerry

By on January 29, 2014
John Chen, chairman, chief executive officer and president of Sybase, Inc. talks on the floor of the New York Stock Exchange

Para pengguna BlackBerry pasti tidak ada yang mengenal seorang sosok bernama John Chen. Padahal sosok ini adalah sosok besar dibalik bertahannya BlackBerry dari hantaman android dan iOS. Namun bagi para pegawai BlackBerry maka John Chen adalah sosok sang pahlawan BlackBerry yang akan menyelamatkan perusahaan asal Kanada ini dari jurang kebangkrutan. Ia adalah sosok yang menggantikan Thorsten Heins, CEO BlackBerry yang lalu.

Kiprah John Chen sangatlah luar biasa didunia bisnis. Sebelum ia diangkat menjadi CEO BlackBerry pada November tahun lalu, Chen mempunyai sejarah pendidikan dan karir yang panjang. Pria hebat ini lahir di negara China pada 1 Juli tahun 1955 namun sebagian besar hidupnya dihabiskan di Amerika Serikat. Pendidikan awalnya ia kecap di Northfield Mount Hermon School setelah ia lulus dari La Salle College, Hong Kong.

Pendidikan tingginya berlanjut ke Brown University dan lulus dengan predikat Magna Cum Laude pada tahun 1978. Setelah itu ia mengambil program master di California Institute of Technology. Setelah lulus kuliah dan mendapat gelas master, ia kemudian memulai karirnya di dunia teknologi dengan bekerja pada sejumlah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi seperti di perusahaan Unisify dan setelah sekian tahun ia diangkat menjadi Vice President.

 john chen, blackberry, teknologi, smartphone, gadget

Merasa karirnya sudah mentok di Unisify, maka ia pindah ke Pyramid technology, salah satu perusahaan teknologi yang besar dan masih terus bertambah besar. Dengan kinerjanya yang luar biasa akhirnya John Chen sang pahlawan BlackBerry ini diangkat menjadi Executive Vice President perusahaan tersebut dan akhirnya tak lama kemudian ia menjadi president perusahaan tersebut.

Merasa bosan, John Chen kemudian berpindah lagi ke perusahan yang lebih ternama yaitu Siemens Nixdorf dan langsung menjadi Vice President disana. Setelah itu ia diangkat menjadi CEO Siemens Nixdorf Open Enterprise Computing Division dan memimpin sebuah perusahaan. Tidak puas, akhirnya ia pindah ke Sybase yang bergerak pada layanan database. Disini ia langsung menjadi Chief Operating Officer dan kemudian CEO dan President.

Di Sybase inilah kemampuan John Chen diuji untuk membawa Sybase keluar dari  krisis yang dialami yaitu kerugian berat selama empat tahun kebelakang. John Chen sukses membawa Sybase mendapatkan laba lagi. Nah bermula dari inilah maka BlackBerry mulai melirik John Chen untuk dijadikan CEO mereka dengan harapan kinerja BlackBerry yang menurun beberapa tahun ini akan kembali meningkat.

Dengan penuh harapan BlackBerry menunjuk John Chen sebagai CEO tetap dan menggantikan Thorsten Heins yang dianggap gagal membawa BlackBerry keluar dari krisis. Bahkan BlackBerry seri 10 tidak mampu membawa perubahan yang memuaskan. Di perusahaan BlackBerry ini John Chen diharapkan akan menjadi sang pahlawan BlackBerry yang menyelamatkan perusahaan asal Kanada ini dari kebangkrutan.

john chen, blackberry, teknologi, smartphone, gadget

BACA JUGA:

Hacker Indonesia Jim Geovedi Yang Mendunia

Mengenal Sosok Di Balik Foxconn

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *