Ini Dia Impian Steve Jobs yang Belum Terwujud

By on August 14, 2014
1.Ini Dia Impian Steve Jobs yang Belum Terwujud.1

Almarhum Steve Jobs, pendiri Apple ternyata pernah bercita – cita untuk membuat jaringan WiFi gratis yang dapat dinikmati oleh semua orang. Hal ini diungkapkan oleh Walt Mossberg, seorang jurnalis dari Recode yang diketahui memiliki hubungan dekat dengan sang pendiri Apple tersebut.

Mossberg bercerita bahwa dulu Jobs senang berjalan – jalan mengelilingi lingkungan rumahnya sambil membawa iPhone generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2007. Ponsel yang menjadi pelopor teknologi layar sentuh ini diketahui mempunyai koneksi data selular yang payah sehingga mau tidak mau harus mengandalkan WiFi untuk memperoleh kecepatan sambungan data yang memadai.

Karena sebab itu, iPhone pun didukung dengan fitur  pendeteksi WiFi secara otomatis. Jaringan WiFi yang terdapat di sekitar pengguna akan muncul pada layar iPhone sehingga si pemilik ponsel dapat langsung memilih.

Namun, kebanyakan jaringan WiFi yang tersedia di iPhone tidak dapat langsung digunakan lantara terkunci oleh password. Hal ini pulalah yang dialami oleh Steve Jobs dengan perangkat iPhone kepunyaannya.

Sebuah ide pun muncul di benak Jobs. Bagaimana  bila di samping jaringan utama yang terkunci oleh password, perangkat – perangkat router WiFi di berbagai tempat mulai dari restoran, lingkungan perumahan, dan kawasan perkantoran ikut menyediakan jaringan terpisah yang disebut guest network yang dapat digunakan oleh publik secara bebas.

Dengan cara tersebut, para pengguna smartphone dapat selalu terhubung ke internet lewat jaringan WiFi yang tersedia tanpa harus login atau memasukkan password. Pada saat berpindah tempat pun pengguna dapat langsung berpindah ke jaringan WiFi yang lain. Jadi mirip dengan koneksi data seluler yang berpindah – pindah BTS saat ponsel bergerak.

Sebagian bandwidth internet milik dari si empunya router digunakan untuk jaringan WiFi Publik namun jaringan WiFi utama, termasuk perangkat – perangkat yang terhubung di dalamnya tetap terpisah dan tidak dapat diakses oleh pengguna asing atau orang dari luar.

Selain itu, Jobs juga bertekad untuk mewujudkan hal ini. Beliau memiliki keinginan untuk menggabungkan perusahaan – perusahaan lain dalam sebuah konsorsium untuk menentukan standar WiFi gratis untuk semua router. Namun sayang sekali konsorsium tersebut belum dapat terwujud sampai Jobs menghembuskan nafas terkahir pada tahun 2011 silam.

Sebenarnya, beberapa produsen router sudah menyediakan opsi untuk mengaktifkan guest nework pada produk – produk router seperti Apple sendiri yang dilengkapi dengan router AirPort. Demikian pula yang dilakukan oleh beberapa penyedia layanan internet yang menyewakan router wireless atau modem kepada pelanggan di perumahan maupun lingkungan komersial.

Tetapi masih ada sejumlah kendala seperti kekhawatiran soal keamanan jaringan, kesulitan teknis bagi pengguna, sampai kemungkinan munculnya “penumpang gelap” yang menghabiskan bandwidth tanpa membayar. Namun bukan tidak mungkin impian Steve Jobs ini akan menjadi kenyataan melihat perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat.

1.Ini Dia Impian Steve Jobs yang Belum Terwujud.2

Baca Juga :

Pengganti Steve Jobs Rupanya Seorang Bocah 12 Tahun

Terkuaknya Penyebab Steve Jobs Membenci Android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *