George Robert Stibitz : Figure Penemu Komputer Digital Modern

By on February 5, 2014
1. George Robert Stibitz ,Figure Penemu Komputer Digital Modern 2

Tahukah Anda siapa penemu komputer? Ada beberapa tokoh cerdas yang dianggap sebagai penemu perangkat canggih yang disebut komputer. Salah satunya adalah George Robert Stibitz. Komputer pertama kali dibuat dengan beberapa fungsi saja dan tidak dibuat dengan fungsi spesifik seperti sekarang ini. George Robert Stibitz adalah satu-satunya tokoh penemu komputer yang mendapatkan pengakuan secara internasional. Bahkan beliau dikenal sebagai Bapak Komputer Modern digital pertama. Beliau adalah seorang peneliti di Bell Labs. Karyanya terkenal di tahun 1930an hingga tahun 1940an. Karyanya yang sangat terkenal adalah sirkuit digital logika Boolean yang menggunakan relay elektromekanik. Relay elektromekanik ini adalah elemen switching untuk sirkuit digital ini.

George Robert Stibitz lahir pada tanggal 30 April tahun 1904 di Pennsylvania. Dari kecil beliau sudah menyukai pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan. Orang tua Stibitz kemudian mengirimkannya ke sekolah swasta yang berlokasi di Moraine Park, Dayton, Ohio. Sekolah swasta ini sangat terkenal dengan bidang sains dan tekniknya. Setelah lulus dari SMA, Stibitz kemudian melanjutkan studinya ke sebuah Universitas yang bernama Universitas Dennison, di Granville, masih di Ohio. Di tahun 1926 , Stibitz mendapatkan gelar doctornya di bidang matematika terapan. Dan satu tahun kemudian, ia berhasil menyandang gelar Master of Science yang diberikan oleh Union College. Ia tak hanya mahir di bidang matematika saja. Stibitz juga dikenal sebagai seseorang yang pandai di bidang Fisika. Hal ini dibuktikan dengan gelar doktor yang didapatnya dari Cornell University pada tahun 1930.

george robert stibitz, penemu komputer, komputer modern, teknologi

Usai lulus dari Cornell University, Stibitz lalu bekerja di Bell Laboratories sebagai seorang konsultan matematika. Saat ia bekerja sebagai konsultan, ia meluangkan waktunya untuk membuat sebuah karya. Buah karyanya yang pertama adalah sebuah kalkulator yang dapat digunakan untuk menghitung persamaan dan operasi matematika yang kompleks. Teknologi yang ia gunakan untuk membuat kalkulator inilah yang kemudian menjadi dasar untuk membuat perangkat komputer modern. Beberapa tahun lamanya ia terus mengembangkan temuan kalkulatornya hingga akhirnya ia berhasil menciptakan perangkat kalkulator dengan teknologi tinggi yaitu Complex Number Calculator. Kemudian di tahun 1940, Stibitz mengirimkan perintah dengan menggunakan teletype ke Complex Number Calculator yang ada diNew York melalui saluran telepon. Ini adalah pertama kalinya mesin komputasi yang bisa digunakan dari jarak jauh.

Bersama Konrad Zuse, Tsibitz mendapatkan penghargaan Harry H. Goode Memorial Award di tahun 1965. Ia juga berhasil membuat media penghubung antara bidang medis dan bidang komputerisasi. Meskipun sudah pensoun di tahun 1983, ia tetap aktif berkarya. Dengan menggunakan Commodore Amiga, ia kemudian menciptakan seni komputer. Pada tanggal 31 Januari 1995, Stibitz menutup mata untuk selama-lamanya di usianya yang ke-90 tahun.

george robert stibitz, penemu komputer, komputer modern, teknologi

BACA JUGA:

John Chen, Sang Pahlawan BlackBerry

Microsoft Ditinggalkan Dua Pembesarnya

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *