Fusajiro Yamauchi – Tokoh Dibalik Game Nintendo

By on March 12, 2014
1. Fusajiro Yamauchi - Tokoh Dibalik Game Nintendo 1

Siapa yang tidak kenal dengan Nintendo. Bagi Anda-Anda yang sekarang berusia 30 tahun keatas, game nintendo pasti sangat Anda ingat karena game ini sangat berkesan pada masa muda Anda. Dahulu kala, Anda bisa habiskan berjam-jam duduk didepan layar televisi sambil bermain game nintendo yang sangat populer seperti Pokemon. Memang game ini sudah sangat terkenal jauh sebelum ada Xbox dan juga Playstation namun tahukan Anda siapakah tokoh dibalik game nintendo yang sangat terkenal ini?

Siapa lagi kalau bukan sosok bernama Fusajiro Yamauchi yang terlahir pada tanggal 22 November 1859. Sosok Yamauchi adalah seorang wiraswasta Jepang yang sangat gigih dan dari ide-idenya lahirlah game yang bernama Nintendo. Awal mula Yamauchi mendirikan perusahaan yang bergerak pada bidang game ini dimulai dari larangan permainan kartu barat untuk dimainkan di Jepang.

Larangan ini membuat Yamauchi memikirkan cara melakukan permainan kartu yang tidak dilarang oleh pemerintah dan  bisa diterima. Oleh sebab itu ia menciptakan Hanafuda yang merupakan cikal bakal Nintendo. Selama puluhan tahun perusahaan ini memfokuskan diri menciptakan permainan kartu yang terus dimodifikasi sampai akhirnya Yamauchi mundur dari perusahaan dan diteruskan oleh anaknya Hiroshi yang kemudian mengganti nama perusahaan menjadi Nintendo Playing Cards Co.Ltd.

Dengan adanya perubahan tokoh dibalik game Nintendo ini perusahaan semakin besar dan mempunyai pabrik di berbagai daerah di Jepang. Karena kemajuan yang pesat perusahaan ini menggandeng Walt Disney dan tokoh dunia lain untuk mengembangkan produk game terbaru. Hasilnya, setahun kemudian gane beam Guns diluncurkan setahun kemudian.

online games, fusajiro yamauchi, nintendo, games, tokoh

Expansi Nintendo terus berlanjut dengan merancang sebuah video game dengan sistem koin. Bekerja sama dengan Mitsubishi Electronic mesin video game koin menjadi terkenal di dunia dan laris manis dan membuat Nintendo memiliki kantor pusat keduanya di New York, Amerika. Game selanjutnya yang terkenal dari Nintendo adalah Donkey Kong. Setelah itu semakin banyak game-game yang dirilis oleh Nintendo dan menjadi hit serta terkenal di dunia.

Pada jaman modern ini Nintendo mengalami perubahan yang sangat revolusioner dengan hadirnya Nintendo Wii yang menjadi saingan berat untuk Xbox dan Playstation. Game-game yang dibuat oleh Nintendo bukan hanya game kartu namun banyak game-game dalam berbagai genre dan jenis. Nintendo sampai saat ini mempunyai jumlah pengguna yang sangat banyak yang tersebar di seluruh dunia.

Namun sayang tokoh dibalik game Nintendo Yamauchi meninggal dan belum sempat melihat perubahan revolusioner yang dialami oleh Nintendo saat ini. Saat beliau mundur dari Nintendo pada tahun 1929 beliau tidak lagi mengurusi perusahaan sampai wafatnya di tahun 1940. Yamauchi telah meningalkan sebuah warisan game yang sudah berusia hampir satu abad dan memberikan kesenangan pada anak-anak pada jamanya, jauh sebelum ada Xbox dan Playstation.

online games, fusajiro yamauchi, nintendo, games, tokoh

BACA JUGA:

Mengenal Sosok Michael Dell dan Dell Computer

Punggawa Sony Computer Entertainment America Mundur

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *