Elon Musk, Tony Stark Dunia Nyata

By on October 10, 2013
1.Elon Musk, Tony Stark Dunia Nyata 1

Mobil dengan sistem otopilot adalah mobil masa depan. Tapi, banyak produsen mobil yang sudah mulai merancangnya, seperti Daimler AG, Nissan dan yang terakhir adalah Tesla Motors.

Elon Musk, CEO Tesla Motors mengatakan bahwa perusahaannya akan membuat mobil dengan sistem otopilot. Bila Daimler dan Nissan akan meluncurkan mobil dengan sistem ini pada 2020 dan Google 5 tahun mendatang, Tesla hanya membutuhkan 3.

Mobil yang akan diluncurkan Tesla akan mempunyai sistem kendali yang 90% dikendalikan oleh komputer. Menurut Musk, pengembangan mobil yang 100% dikendalikan komputer membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain itu, peran manusia masih diperlukan disini.

Sosok penggagas mobil otopilot dari Tesla adalah Elon Musk. Pria kelahiran 28 Juni 1971 dan sulung dari 3 bersaudara ini bisa dikatakan sebagai Tony Stark di dunia nyata. Selain Tesla Motor, dia juga menjadi salah satu pendiri PayPal dan juga SpaceX, program komersil luar angkasa.

Ketertarikannya akan teknologi bermula ketika ayah Musk memberi hadiah sebuah komputer saat dia berusia 10 tahun. Dan, pada usia 12 tahun, Musk berhasil membuat game dengan nama “Blastar” yang dia jual seharga 500 Dollar AS.

Tahun 1992, dia melanjutkan mendidikan di University of Pennsylvania, AS untuk gelar sarjana ekonomi. Kemudian, dia mengambil jurusan fisika. Menurut Musk, ada 3 hal penting untuk masa depan manusia, yaitu internet, antariksa dan energi bersih.

Hal ini dia buktikan dengan pendirian Zip2 dan PayPal. Zip 2 adalah perusahaan yang membantu penerbitan konten online. Dia dan adiknya, Kimbal Musk memulai usahanya ini pada tahun 1995. Dan, pada tahun 1999 perusahaannya ini diakuisisi oleh AltaVista dengan nilai akuisisi sebesar 300 juta Dollar AS.

Setahun sebelumnya atau tahun 1998, Musk dan teman-temannya mendirikan X.com. Dan, setahun kemudian, X.com mengakuisisi Confinity. Dan, X.com akhirnya diubah menjadi PayPal.

PayPal rupanya menarik perhatian eBay. Perusahaan ini akhirnya mengakuisisi PayPal dalam bentuk saham senilai 1,5 milliar Dollar AS. Dan, hal ini membuat Musk, pemegang 11,7% saham PayPal menjadi semakin kaya.

Dibidang antariksa, Musk mendirikan Space Exploration Technologies (SpaceX) pada tahun 2002. Perusahaannya ini meraih sukses besar saat memenangkan kontrak 1,6 milliar Dollar AS dari NASA pada tahun 2008. Pada kontrak ini, SpaceX berhasil membuat Falcon 1, roket berbahan bakar cair pertama yang meluncur ke orbit Bumi pada thaun 2009.

Tahun 2012, SpaceX kembali meluncurkan roket Falcon 9 dengan pesawat kargo komersial pertama, “SpaceX Dragon” ke International Space Station (ISS) di orbit Bumi.

Obsesi Elon Musk akan energi bersih juga diwujudkan dalam bentuk perusahaan Tesla Motors, Inc. Perusahaan ini berhasi meluncurkan mobil sport listrik, Tesla Roadster pada tahun 2003, mobil listrik hatchback 4-pintu Model S tahun 2012 dan pada tahun 2014 mendatang, perusahaan ini juga akan meluncurkan Model X, mobil SUV listrik.

Dan, kecintaannya terhadap energi bersih ditunjukkan dengan kerjasama dengan SolarCity, perusahaan penyedia energi bersih pada tahun 2012.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *