Developer Asal Indonesia Berpeluang Besar Sukses, Ini Alasannya

By on June 24, 2015
2. Developer Asal Indonesia Berpeluang Besar Sukses, Ini Alasanya 2

Tak ada ceritanya jika bangsa Indonesia harus kalah dari bangsa asing. Indonesia tak boleh selamanya menjadi bangsa konsumen, sudah saatnya Indonesia bangkit menjadi bangsa maju  yang mampu menyediakan dan menjual ke apa yang negara lain butuhkan. Hal ini bisa dilakukan dari hal yang kecil dulu seperti melahirkan aplikasi buatan anak negeri yang diakui dan dipergunakan oleh banyak orang dari berbagai bangsa.

Namun sayangnya banyak developer lokal yang kurang tajam instingnya dan hanya berkutat pada hal-hal yang kurang menjanjikan. Padahal di mata dunia, Indonesia dipandang sebagai pasar potensial yang bisa membuat pada developer lokal sukses besar. Hal ini seharusnya menjadi suatu harapan yang baik karena developer lokal bisa berjaya di kampung halaman mereka sendiri. Alasan-alasan yang membuat para developer Indonesia mampu sukses di negara sendiri adalah sebagai berikut:

Jumlah Pemakai Gadget dan Internet

Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak, bahkan berada di tingkat lima besar negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Hal ini merupakan pasar yang potensial karena jumlah pengguna gadget, smartphone dan internet meningkat drastis di Indonesia. Belum lagi jumlah smartphone dan gadget yang dipergunakan di Indonesia sudah lebih dari 300 juta unit padahal pengguna gadget dan internet baru mencapai 28% saja. Masih banyak pasar yang belum digarap dan dipastikan pengguna smartphone akan semakin bertambah.

Industri Digital yang Terus Berkembang

Perkembangan industri digital di Tanah Air semakin berkembang pesar seiring berkembangnya pengguna internet di tanah air. Bao Jianlei, sebagai direktur Baidu Indonesia mengatakan bahwa dirinya dan Baidu sengaja membangung bisnis mesin pencari mereka di Indonesia karena potensi industri digital di Indonesia masih sangat besar dan belum ada saingan yang berarti. Prospek kedepan sungguh cerah dan hal ini seharusnya dimanfaatkan oleh semua developer lokal untuk mengembangkan produk digital mereka.

Sambutan Pasar yang Baik

Alasan lain yang memungkinkan developer Indonesia bisa sukses adalah sambutan pasar yang cukup antusias. Coba Anda lihat, dalam satu perangkat Android, ada berapa aplikasi yang telah didownload oleh user atas kemauan mereka sendiri (tidak termasuk aplikasi bawaan). Sebut saja misalnya aplikasi belanja, aplikasi toko online, aplikasi layanan transportasi dan bandara, berbagai jenis game, dan banyak lagi. Hal ini merupakan kesempatan kepada developer lokal untuk menciptakan konten atau aplikasi lokal yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Developer lokal bisa membuat berbagai produk digital yang banyak dibutuhkan misalnya peta lokal yang disertai lokasi tambal ban terdekat atau warung makan tegal, bisa juga game-game dengan konten lokal seperti game peperangan Diponegoro dan lain-lain.

Asing Mulai Ekspansi di Indonesia

Alasan terakhir developer lokal bisa sukses adalah karena asing mulai mengekspansi pasar digital Indonesia. Salah satunya adalah Baidu. Mereka menanamkan cakarnya di Indonesia karena melihat potensi pasar yang paling tinggi dari semua negara yang pernah mereka survey sebelumnya.

Developer

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *