Biografi Pencipta Playstation, Ken Kutaragi

By on February 12, 2014
1. Biografi Pencipta Playstation, Ken Kutaragi 2

Playstation adalah perangkat game yang laris manis di dunia. Mungkin Anda para pecinta game pernah memainkannya. Tak afdol rasanya jika hanya memainkannya saja. Tentu banyak pecinta game yang penasaran dengan penemunya. Termasuk Anda, bukan? Adalah Ken Kutaragi, penemu Playstation dari Sony. Beliau mendapat julukan sebagai Bapak Playstation karena jasanya yang telah berhasil menciptakan perangkat game yang kemudian dinamakan Playstation. Ken Kutaragi lahir di Tokyo pada tanggal 8 Agustus 1950. Semasa kecilnya, beliau terkenal sangat pintar. Bahkan ia sering mendapatkan nilai 100 saat beliau masih sekolah. Kutaragi merupakan anak yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja baik dari status sosial maupun kemampuan ekonominya. Namun berkat bisnis keluarga, Kutaragi dan keluarga dapat hidup tanpa kekurangan. Keluarga Kutaragi memiliki bisnis percetakan di  tempat mereka tinggal.

Semasa kecil, Kutaragi sering mengutak-atik mesin-mesin mekanik di pabrik milik keluarganya. Kegiatan inilah yang kemudian membuatnya pintar dalam bidang mekanik. Dalam waktu singkat, ia pun mampu mengembangkan bakat dan kemampuannya di bidang mekanik. Ia juga mendorong teman-temannya di sekolah untuk belajar soal mekanik pabrik. Dari masa kanak-kanak hingga remaja, kemampuan mekaniknya pun semakin berkembang hingga mulai pintar di bidang perangkat-perangkat elektronik. Kecintaannya akan bidang elektronik kemudian menuntunnya berkuliah di Denki Tsushin University. Tak lama ia pun menyabet gelar sarjana elektroniknya di universitas tersebut.

ken kutaragi, playstation, pencipta playstation, sony, games

Kutaragi cerdas pun bekerja di sebuah perusahaan elektronik terkenal di Jepang, Sony. Ia sering sekali menjadi problem solver selama bekerja di Sony. Reputasi dan karirnya pun sangat baik. Ketekunan dan kecerdasannya kemudian membuat ia  bergelimang sukses saat ia ikut serta dalam pengerjaan beberapa proyek Sony. Beberapa contoh proyek Sony yang sukses berkat bantuan dan kerja keras Kutaragi adalah proyek pembuatan LCD dan kamera digital.

Awal mula penciptaan Playstation itu sendiri terjadi para tahun 1980-an tepatnya di akhir tahun 1980-an. Penciptaan Playstation oleh Kutaragai terinspirasi dari puteri Kutaragi yang ketika itu ia sedang memainkan Famicom. Naluri Kutaragi pun langsung bergerak untuk membuat video game yang kelak bisa laris manis di pasaran. Ia pun tanpa pikir panjang langsung memutuskan untuk menciptakan sebuah perangkat game konsol. Namun sayang ide brilian Kutaragi ditolak oleh pihak Sony. Idenya kemudian langsung diminta oleh Nintendo , sebuah perusahaan game konsol yang kini menjadi game nomor satu Sony.

Secara diam-diam, Kutaragi mengerjakan proyek game konsolnya untuk Nintendo. Sebuah chip untuk game konsol berhasil ia ciptakan. Chip tersebut diberi nama  chip SPC700. Mendengar kabar Kutaragi yang secara diam-diam menciptakan sebuah chip game konsol untuk perusahaan lain, Sony pun memanggil Kutaragi untuk menyerahkan chip ciptaannya. Kutaragi pun diminta tetap bekerja di Sony dan ia juga diminta untuk menyelesaikan tugas menciptakan game konsol Playstation untuk Sony.

ken kutaragi, playstation, pencipta playstation, sony, games

BACA JUGA:

CEO Baru Microsoft Adalah Seorang India

George Robert Stibitz : Figure Penemu Komputer Digital Modern

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *