Biodata Programmer dan Pendiri eBay Pierre Omidyar

By on December 25, 2013
1. Biodata Programmer dan Pendiri eBay Pierre Omidyar1

Tidak diragukan lagi, eBay merupakan salah satu situs jual beli paling diminati di dunia dan tentu saja, kesuksesan situs tersebut tak lepas dari tokoh jenius pendiri situs tersebut, Pierre Omidyar. Pierre lahir pada 21 Juni 1967 di Paris, Perancis, dan merupakan keturunan Iran dan Amerika dimana ibunya, Elahe Mir-Djalali Omidyar, merupakan seorang doktor di bidang linguistik dan ayahnya adalah seorang dokter bedah. Pierre sendiri tumbuh di Washington, DC, Amerika Serikat karena orang tuanya pindah ke Amerika ketika dia berusia enam tahun dan Pierre mulai tertarik dengan dunia komputer saat dirinya menempuh pendidikan di Sekolah Potomac dan hasratnya terhadap dunia komputer terus meningkat saat dia duduk di kelas 9. Pierre kemudian masuk ke St Andrew’s Episcopal School di Potomac, Maryland, dan berhasil lulus pada tahun 1984.

Setelah lulus dari St Andrew, Pierre lalu mengasah kemampuan di bidang programming komputer baik di sekolah maupun luar sekolah dan berawal dari keinginan untuk membantu perpustakaan di sekolah menengah tempat dirinya belajar, Pierre menyusun katalog online. Tanpa diduga, proyek sukarela tersebut lah yang mengawali karir cemerlang Pierre dan memuluskan jalannya menjadi seorang ahli computer programming atau pemrograman komputer. Pada tahun 1988, Pierre lulus dari Universitas Tufts dengan gelar B.S atau Bachelor of Science di bidang ilmu komputer dan pada tahun 1991, Pierre bergabung dengan anak perusahaan Apple Computer yaitu perusahaan Claris dimana dirinya mendapat posisi sebagai consumer software engineer. Pada tahun 1994, Pierre mendirikan Development Corporation yang dikenal juga dengan eShop, perusahaan yang kemudian menjadi pemimpin pasar penjualan perangkat lunak perdagangan berbasis internet dan diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1996.

website eBay

Saat dirinya berusia 28 tahun, Pierre Omidyar menghabiskan liburan panjang akhir pekan yang ia miliki untuk menulis kode komputer asli yang pada akhirnya menjadi Superbrand internet dalam bentuk situs lelang eBay. Pada awalnya, Pierre mendirikan eBay untuk membantu teman dekatnya dalam mendapatkan pembeli untuk produk-produk yang dijualnya namun sekali lagi, satu hal iseng yang dilakukannya justru berubah menjadi ladang bisnis yang prospektif. Situs lelang eBay sendiri diluncurkan pada Senin, 4 September 1995, dan nama ‘eBay’ dipilih oleh Omidyar karena secara kebetulan, nama pertama yang telah ia pilih, echobay, ternyata sudah terdaftar. Pada tahun 1996, Jeffrey Skoll bergabung dengan eBay dan pada Maret tahun 1998, Meg Whitman masuk sebagai Presiden dan SEO sampai periode Januari 2008 saat dirinya mengumumkan pensiun.

Pada Juli 2008, diketahui bahwa 178 juta saham Omidyar’s eBay bernilai sekitar $4450000000 dan Pierre sendiri, selain menjadi pendiri eBay, juga merupakan investor Montage Resort & Spa yang berlokasi di Laguna Beach, California. Pada 2010, Pierre meluncurkan layanan berita online atau online news di Honolulu dan layanan ini mencakup berbagai urusan sipil di Hawaii. Dalam mengelola eBay sendiri, Pierre tidak pernah lepas dari nilai-nilai baik karena dia menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik dan ia pun memperlakukan semua orang yang terlibat dalam proyeknya dengan sebaik mungkin. Pierre sendiri memiliki cita-cita supaya penjual serta pembeli dapat membentuk dunia perdagangan online yang berkesinambungan bersama-sama seperti perkembangan yang dialami eBay saat ini.

Berkat adanya lonjakan harga saham eBay, kekayaan yang dimiliki Pierre bisa mencapai jumlah US$ 1,6 miliar dan penjualan eBay sendiri mencapai angka US$ 8,7 miliar dengan total 84 juta pengguna pada tahun 2009. Pada bulan November 2009, eBay juga telah menyelesaikan proses pembelian 70% perusahaan telefon internet, Skype. Kesuksesan-kesuksesan yang diraih oleh eBay tersebut lah yang menjadikan Pierre Omidyar salah satu milyarder di abad ke-21.

website eBay

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *