Bapak Instagram Kevin Systrom

By on December 18, 2013
1.Bapak Instagram Kevin Systrom1

Kini Anda bisa menemukan beragam aplikasi jejaring sosial dan beberapa di antara menjadi aplikasi favorit yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Aplikasi jejaring sosial Instagram boleh jadi merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang paling banyak digunakan setelah Facebook dan Twitter. Aplikasi ini memfokuskan diri untuk memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan foto baik untuk diedit maupun untuk dibagikan pada orang lain.

Keberadaan Instagram yang tersedia untuk iOS dan Android ini memang sangat fenomenal. Banyak orang yang mencoba menggunakan aplikasi ini dan kini pengguna Instagram sudah mencapai jutaan. Anda mungkin mengikuti akun Instagram yang sering memancing kontroversi seperti akun Instagram Syahrini dengan foto barang-barang bermerk berharga selangit maupun akun Instagram Ibu Negara Ani Yudhoyono yang sempat memuat foto yang mengundang banyak komentar dari pengikutnya.

Aplikasi yang sangat populer ini tentu tidak bisa dipisahkan oleh pendiri aplikasi jejaring sosial ini sendiri, yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger. Nah, Systrom lahir di Boston bulan Desember 1983 dan kini sukses sebagai eksekutif muda yang berhasil mensukseskan Instagram. Ia belajar di School di Concord, Massachusetts dan lulus dari jurusan Manajemen Sains dan Teknik Stanford University tahun 2006.

pencipta instagram

Sebelum sukses dengan Instagram, ia sempat bekerja di perusahaan Google dan Odeo yang dikenal sebagai perusahaan tempat munculnya Twitter. Ia aktif menggunakan aplikasi Burbn yang memungkinkan pengguna untuk memasang foto yang disertai lokasi dan beragam catatan. Dari sini, ia berjumpa dengan Mike Krieger yang juga menggunakan Burbn secara fanatik. Keduanya kemudian bertemu di sebuah seminar di Stanford University mengenai perkembangan perusahaan start up.

Ide untuk mengembangkan aplikasi sendiri muncul setelah keduanya menghadiri seminar tersebut. Kecintaan Kevin Systrom pada dunia fotografi menjadi inspirasi terciptanya aplikasi Instagram yang membuat penggunanya tidak hanya bisa mengambil gambar melainkan juga bisa mengeditnya dan membagikannya pada orang lain. Secara resmi Systrom dan Krieger mendaftarkan aplikasi Instagram yang masih dalam versi Beta pada Apple App Store tanggal 6 Oktober 2010 dengan 10.000 pengguna yang mengunduh aplikasi ini dalam satu jam.

Versi beta ini kemudian dikembangkan secara serius oleh keduanya terlebih setelah melihat minat pengguna yang terus mengunduh aplikasi ini hingga akhirnya pengguna Instagram mencapai angka 150 juta. Instagram kini tak lagi hadir di App Store melainkan juga di Google Play Store yang semakin meluaskan pengguna aplikasi ini. Sambutan luar biasa yang didapat oleh Instagram ini kemudian menarik perusahaan ternama Facebook untuk mengakuisisi Instagram tanggal 9 April 2012 dengan nilai 9,1 triliun rupiah.

Kerja keras yang berasal dari hobi menjadikan Kevin Systrom sebagai salah satu miliuner muda. Ia juga menjadi orang yang berpengaruh di dunia mengingat pengguna Instagram yang semakin bertambah terlebih setelah Instagram hadir di sistem operasi Windows Phone 8 dan menyusul OS BB 10.

pencipta instagram

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *