Andrew Rubin, Pria Dibalik Terciptanya Sistem Operasi Android

By on July 16, 2013
Andrew Rubin Pria Dibalik Terciptanya Sistem Operasi Android-1

Telepon genggam menjadi salah satu gadget atau perangkat modern yang paling populer saat ini, ada berbagai jenis telepon genggan dengan berbagai macam fitur dan keunggulan. Smartphone atau telepon genggam pintar mendapat nama demikian karena kemampuannya memberikan banyak kegunaan karena keleluasaan menambah fitur aplikasi.

Ada berbagai macam smartphone yang seringkali dibedakan berdasar produsen serta sistem operasi yang digunakan, salah satunya adalah sistem operasi Android. Sistem operasi ini diciptakan oleh seseorang bernama Andrew Rubin atau lebih populer dengan nama Andy Rubin. Ia adalah sosok di belakang sistem operasi Android yang kini sangat populer serta memiliki sangat banyak pengguna. Andy adalah orang yang mendirikan Android Inc, perusahaan ini kemudian dibeli oleh Google dan menjadi sangat populer karena mampu bersaing dengan sistem operasi lain.

Latar Belakang Pribadi Andrew Rubin

Andy saat ini telah mengundurkan diri dari jabatan Kepala Sistem Operasi Android di Google meskipun dikabarkan masih bekerja sama dengan Google dengan posisi atau jabatan yang belum diketahui. Andy sangat dikenal dengan pernyataan bahwa ia dan rekan – rekan yang mengembangkan sistem operasi Android itdak sedang membuat telepon genggam Google, tetapi memungkinan lebih banyak orang lagi untuk membuat telepon genggam Google. Android menjadi salah satu sistem operasi yang mudah dan banyak dikembangkan serta menjadi fondasi dari pembuatan berbagai macam aplikasi oleh para programer atau desainer aplikasi. Andy Rubin menjadi bagian dari perusahaan Google bersamaan dengan dibelinya Android Inc oleh Google pada tahun 2005. Meskipun begitu, pria cerdas ini ternyata sebelumnya pernah terkait dengan dua perusahaan raksasa lain yaitu Microsoft dan Apple yang kini bersaing dengan Google di pasar telepon genggam cerdas serta produk – produk lain terkait dengan komputer.

Sejarah Mendirikan Android Dan Bergabung Dengan Google

Andrew Rubin Pria Dibalik Terciptanya Sistem Operasi Android-2

Andrew memang telah memiliki ketertarikan yang besar pada perangkat teknologi atau gadget sejak kecil, ayahnya yang seorang psikolog menjadi seorang penjual produk elektronik yang menjadi mainan dan bahan eksperimen Andy di masa kecil. Ketertarikannya pada robotika membawa dirinya menjalani karir di Carl Zeiss AG setelah dirinya menyelesaikan kuliah. Nasib membawanya ke perusahaan Apple setelah bertemu dengan Bill Caswell yang juga seorang pegawai Apple ketika berlibur di Cayman Island. Bill pulalah yang menawarinya pekerjaan di Apple, pada tahun 1990 ia dipindah ke anak perusahaan Apple bernama General Magic. Kemudian Andy Rubin pindah ke perusahaan Artemis yang merupakan sebuah WebTV, pada tahun 1997 perusaah tersebut dibeli oleh Microsoft. Setelah keluar dari Artemis ia bersama beberapa teman mendirikan Danger Inc yang kemudian juga dibeli oleh Microsoft. Dengan modal kerjasama dengan ventura Redpoint Ventures pada tahun 2004, Rubin memulai mengerjakan proyek Android sebelum akhirnya pada bulan Juli 2005 Android dibeli oleh Google.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *