Zynga Tuntut Facebook Akibat Diduga Langgar Trademark

By on August 26, 2013
2.3 Kandidat Juara Formula 1.2

Siapa yang tak kenal dengan jejaring sosial yang bernama Facebook. Hampir semua pengguna internet pastinya memiliki akun Facebook. Facebook begitu terkenal karena fiturnya yang menarik dan menjadi salah satu jejaring sosial yang paling diminati dunia selain Twitter.

Ketenaran jejaring sosial Facebook semakin menjulang tinggi karena pembuat jejaring sosial ini sering melakukan pembenahan dan penambahan fitur-fitur menarik lainnya pada halaman utama akun Facebook. Salah satu contoh fitur dalam Facebook yang diupdate adalah fitur game online yang bisa dimainkan oleh semua pemilik akun Facebook secara online di mini gadget, PC, ataupun laptopnya. Seperti misalnya baru-baru ini Facebook merilis game online baru yang bernama Bang with Friends di halaman utama akun Facebook para pemilik akun di seluruh penjuru dunia.

Kasus pelanggaran trademark menimpa Facebook

Respon positif tentu saja diterima oleh pihak Facebook dari para pengguna Facebook di seluruh dunia. Namun peluncuran game online terbaru Facebook ini baru-baru ini menuai protes dari salah satu perusahaan pencipta game online di dunia, Zynga. Bahkan kasus yang bermula dari protes ini kini berubah menjadi kasus gugatan di mana pihak Zynga menggugat Facebook soal nama game online yang baru saja dirilis oleh Facebook. Pihak penggugat, Zynga, menganggap bahwa Facebook telah menggunakan trademarknya sebagai nama game online terbarunya. Zynga menggaris bawahi ‘With Friends’ pada game Bang With Friends milik Facebook telah melanggar paten. Pasalnya Zynga sudah menggunakan paten ‘With Friends’ di hampir semua game keluarga (family game).

zynga menuntut facebook

BWF sangat identik dengan karya-karya teknologi mililk Zynga

Menurut pihak Zynga, ‘With Friends’ sudah sangat melekat dengan game-game garapannya. Selain ‘With Friends’, ‘ville’ juga menjadi paten perusahaan raksasa yang berkecimpung dalam pembuatan game-game online khususnya family games. Sebut saja contoh sederetan nama game online buatan Zynga yang memiliki embel-embel ‘With Friends’ antara lain Chess With Friends, Words With Friends, dll.

Renee Lawson selaku Deputy General Counsel Perusahaan Zynga mengatakan bahwa gugatan ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi property intelektual perusahaan Zynga serta untuk mencegah timbulnya rasa bingung dari pihak konsumen dan pelanggan setia Zynga.

Pihak Zynga saat ini sedang berupaya  untuk menjatuhkan Facebook atas pelanggaran trademark yang sedang dilakukannya. Pihaknya juga berharap pengadilan segera memberikan vonis soal kasus pelanggaran trademark/ paten  nama BWF  game online ini. Kasus ini bukan hanya bisa menimpa Facebook saja, melainkan juga tindakan yang sama juga akan ditujukan pada pihak mana saja yang terbukti melanggar trademark/ paten miliknya.

zynnga menuntut 2

Sementara itu, pihak pengembang game online terbaru Facebook ini akan tetap menanggapi kasus ini secara profesional. Hal ini wajib dilakukan untuk menjaga nama baik perusahaan sebagai perusahaan teknologi yang saat ini sedang menunjukan eksistensinya di dunia teknologi bisnis. Tambahnya lagi pihaknya akan mengevaluasi kembali kasus yang katanya termasuk kasus pelanggaran trademark perusahaan teknologi lain. Evaluasi secara detail akan dilakukan oleh pihaknya agar kasus ini segera menemukan titik terangnya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *