Zeus, Virus Pencipta Follower Palsu pada Instagram

By on August 26, 2013
Zeus, Virus Pencipta Follower Palsu pada Instagram

Bagi Anda yang memiliki akun Instagram, nampaknya mulai saat ini Anda harus lebih berhati-hati dengan munculnya banyaknya follower baru dan ‘like’ secara tiba-tiba. Bisa saja follower-follower dan ‘like’ tersebut adalah follower dan ‘like’ palsu belaka. Pasalnya saat ini sedang heboh munculnya virus Zeus yang siap menyerang akun-akun Instagram.

Hati-hati dengan follower dan ‘like’ palsu

Follower-follower dan ‘like’ palsu ini diciptakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin merk atau produk bisnisnya lebih popular di jejaring sosial khususnya Instagram.  Program ‘jahat’ ini kemudian dikemas menjadi sejenis virus yang diberi nama virus Zeus. Agar virus ini mudah masuk ke akun-akun Instagram, virus ini kemudian didesain khusus menjadi jelmaan gambar/ foto lengkap dengan pilihan ‘like’-nya serta dalam bentuk follower-follower baru. Kini program yang berisi virus Zeus ini diperjual-belikan di berbagai forum online karena potensi bisnisnya sangat menggiurkan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari sebuah sumber keamanan RSA, virus dengan format follower ini dijual seharga 15 dollar Amerika untuk 1000 follower, sedangkan untuk 1000 ‘like’ dihargai 30 dollar Amerika. Tentu saja kisaran harga ini jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan data dari 1000 kartu kredit. Nominal paling kecil dari data pada kartu kredit hanya dihargai sekitar 6 dollar Amerika saja.

Zeus, Virus Pencipta Follower Palsu pada Instagram2

Instagram sedang tingkatkan sistem keamanan untuk cegah masuknya virus Zeus

Michael Kirkland selaku juru bicara Facebook Raksasa mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mewaspadai kemunculan  virus Zeus ini. Caranya dengan meningkatkan sistem keamanan di jejaring sosial Instagram. Perlu Anda ketahui bahwa Instagram baru berpindah kepemilikan pada Facebook sejak April 2012 lalu. Instagram dibeli oleh Facebook Raksasa seharga 1 miliar dollar AS.

Salah satu bentuk peringatan yang dibuat oleh Facebook untuk para pemilik akun Instagram di seluruh dunia yaitu dengan membatasi jumlah spam pada layanan di Instagram serta menghimbau pada semua pemilik akun Instagram di seluruh dunia untuk tidak menggunakan layanan yang bersifat otomatis dan tidak sah atau tidak asli seperti ciptaan Facebook dan Instagram. Dengan cara ini, akun-akun Instagram akan terminimalisir dari kasus meretasnya virus Zeus yang sangat merugikan para pemilik akun Instagram.

Zeus, Virus Pencipta Follower Palsu pada Instagram3

Virus Zeus ini merupakan karya modifikasi dari sebuah program teknologi yang diberi nama program Zeus. Tadinya virus Zeus ini digunakan untuk  mengambil data-data pada kartu kredit. Pada tahun 2007, virus Zeus ini muncul dan mencuri data dari sejumlah kartu kredit untuk pertama kalinya. Pada awal kemunculannya, virus Zeus ini bertindak sebagai bonet yang bertugas untuk mencuri data milik sejumlah bank dan berhasil menginfeksi  ratusan juta komputer di seluruh dunia.

Kasus yang saat ini sedang menimpa Instagram juga menjadi kasus pertama di mana dalam kasus ini virus Zeus dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi program yang menyamar menjadi follower-follower palsu dan ‘like’  pada ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan akun Instagram.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *