Xbox One atau PS4

By on May 23, 2013
Xbox-One-atau-PS-4-2

Para pecinta game terkadang mungkin meraskan sedikit dilema saat harus memilih antara dua konsol game yang sama-sama populer dan terbukti tangguh. Hal ini terbukti dengan kemunculan Xbox One dan PS4. Bagi beberapa gamer yang fanatik dengan konsol tertentu, mungkin mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk menentukan pilihan.

Akan tetapi bagi mereka yang murni mengejar kualitas dan pengalaman bermain game yang luar biasa, memilih konsol game terkadang terasa cukup memusingkan. Jika dilihat secara sekilas, kedua konsol game ini sama-sama memiliki dapur pacu hasil racikan dari AMD. Meski demikian ada beberapa hal yang membuat kedua konsol tersebut memiliki perbedaan dalam segi performa. Lantas mana yang lebih baik? Jika Anda ingin tahu lebih jauh, berikut ulasan lengkapnya.

Spesifikasi Xbox One

Meski secara sekilas Xbox dan PS4 memiliki prosesor yang sama, keduanya memiliki rancangan chip yang berbeda. Meski demikian, kedua chip tersebut memang sama-sama menggunakan Jaguar sebagai System on Chipnya. Akan tetapi berkat rancangan chip yang berbeda, performa yang ditawarkan oleh kedua konsol game ini juga berbeda. Untuk urusan prosesor, Xbox One menggunakan prosesor 8 core CPU. GPU yang digunakan adalah D3D 11.1 chip dengan 32 MB embedded memory.

Memori yang digunakan Xbox One adalah DDR3 dengan kapasitas 8 GB. Kapasitas storage yang ditawarkan juga cukup besar yakni mencapai 500 GB. Untuk urusan konektifitas, Xbox One menggunakan Ethernet dan WiFi. Selain itu Xbox One juga telah dilengkapi dengan multiple USB 3.0 dan HDMI input output. Terakhir, Xbox One menggunakan kamera Kinect generasi kedua dengan kedalaman sensor inframerah sebesar 250,000 pixel dan kamera 1080p sebagai motion controlnya.

Xbox-One-atau-PS-4-1

Spesifikasi PlayStation 4

Pada PS4, konsol game ini menggunakan prosesor 8 core AMD x86 CPU. GPU yang digunakan adalah AMD Radeon. Berbeda dengan Xbox One, PS4 menggunakan teknologi memori GDDR5 dengan kapasitas 8 GB. Namun untuk kapasitas storagenya sendiri, PS4 masih belum diketahui. Sama seperti Xbox One, PS4 juga telah dilengkapi dengan Blu-Ray/DVD. Untuk konektifitasnya sendiri, PS4 telah dilengkapi dengan Ethernet dan WiFi. PS4 juga telah dibekali dengan port HDMI input/output serta multiple USB 3.0. Untuk urusan motion control, PS4 menggunakan PlayStation eye dual lens 1280 x 800 camera.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, baik Xbox One maupun PS4 tidak lagi didesain sebagai konsol game biasa. Kedua konsol game ini sama-sama diharapkan mampu menjadi media hiburan bagi seluruh keluarga. Hal ini berarti kedua konsol game tersebut sama-sama telah dilengkapi dengan fitur non gaming yang dapat menggoda seluruh keluarga. Jika memang demikian, tampaknya Xbox One ataupun PS4 sama-sama ingin memberikan hiburan baru yang lebih menarik dari sekedar apa yang bisa diberikan oleh konsol game biasa. Salah satu game yang sudah siap dimainkan di kedua konsol game ini adalah game perang terbaru, Call of Duty Ghost.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *