WordPress Kini Sudah Memasuki Usia 10 Tahun

By on May 28, 2013
WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-1

Sepuluh tahun lalu tepatnya pada tanggal 27 Mei 2003. WordPress untuk pertama kalinya tersedia untuk umum. Pada awalnya WordPress digunakan sebagai media blogging dengan format b2/cafelog, namun 10 tahun kemudian WordPress telah menjadi CMS paling besar di dunia, dengan menyokong 18% website di dunia internet.

Hampir 70 juta website di internet dijalankan menggunakan WordPress dan sulit untuk tidak membicarakan peran WordPress sebagai perangkat lunak yang digunakan dalam dunia penerbitan digital. WordPress tidak hanya digunakan oleh para blogger atau website kecil-kecilan tapi ratusan website kelas atas juga menggunakan jasa WordPress seperti blog website CNN, The New York Times dan Reuters, semuanya menggunakan WordPress.

WordPress diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little, kini perusahaan software website ini telah memiliki ratusan staff. Perusahaan di balik WordPress bernama Automattic yang menjadi penyedia bagi WordPress dalam pengembangan platform yang digunakan secara keseluruhan. Minggu lalu mereka mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan dana sebesar $50 juta dalam transaksi saham sekunder.

WordPress dimulai sebagai cara yang mudah dan gratis dalam menerbitkan sebuah konten. Jika Anda memiliki penyedia website yang mendukung PHP dan MYSQL dan tahu cara menggunakan FTP, maka dengan memasang WordPress akan hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Sekarang dalam memasang sebuah website bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik saja. Selain WordPress, Anda bisa menggunakan website yang didirikan David Karp, Tumblr, untuk menjadi CMS website Anda.

Lebih lanjut, WordPress kini tidak hanya sekedar untuk blogging atau penerbitan secara personal saja. Semenjak tahun 2010, WordPress sudah lebih dari sekedar CMS. Karena WordPress menyediakan keseluruhan aplikasi untuk website antara lain sistem keranjang belanja, layanan analisis Twitter bahkan solusi sistem manajemen situs WordPress yang kuat bisa dipasang langsung dari WordPress.

Masih ada tambahan yang disediakan oleh WordPress termasuk di dalamnya plugins, themes, penyediaan tempat pemasangan website dan solusi pembuatan website yang sesuka hati. Baru-baru ini Matt Mullenweg mengatakan bahwa tujuan WordPress selanjutnya adalah menjadi platform atau sistem operasi untuk website.

Di bawah ini adalah foto-foto 10 tahun kehadiran WordPress di internet:

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-2

Tampilan pertama WordPress yaitu WordPress versi 0.71

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-4

WordPress versi 1.2

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-6

WordPress 2.0

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-7

WordPress 2.1

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-9

WordPress 2.5

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-11

WordPress 2.7

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-13

WordPress 3.0

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-16

WordPress 3.2

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-18

WordPress 3.3

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-19

WordPress 3.5, merupakan WordPress versi terbaru yang digunakan

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-20

WordPress 3.6 (Beta)

WordPress-Kini-Sudah-Memasuki-Usia-10-Tahun-21

Tampilan rancangan WordPress generasi selanjutnya, WordPress MP-6

About

2 Comments

  1. Seputar Tekno

    May 29, 2013 at 8:45 am

    mantap infonya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *