WhatsApp Kini Hadirkan Fitur Push to Talk

By on August 13, 2013
3.WhatsApp-Kini-Hadirkan-Fitur-Push-to-Talk_2

Fenomena instant messenger saat ini memang sangat digandrungi oleh para penikmat teknologi. Dengan banyaknya layanan instant messenger, kini pengguna memperoleh pilihan yang semakin beragam. Akan tetapi dari sekian banyak layanan instant messenger, tampaknya WhatsApp tidak hanya menjadi layanan instant messenger tertua akan tetapi juga menjadi salah satu layanan instant messenger terpopuler. Bahkan pengguna layanan ini kini sudah mencapai angka 300 juta pengguna.

Untuk menjaga loyalitas penggunanya, WhatsApp berupaya untuk terus meningkatkan layanannya baik dengan melakukan perbaikan pada sisi layanan berkirim pesan hingga menyediakan fitur baru. Bahkan kini WhatsApp juga menghadirkan fitur push to talk bagi penggunanya. Fitur ini mungkin bukan fitur yang baru untuk layanan instant messenger. Akan tetapi peminat layanan ini tampaknya semakin berkembang, inilah yang membuat WhatsApp tertarik untuk mengadopsi teknologi ini.

Fitur Push to Talk Ramaikan Layanan WhatsApp

Sebelumnya fitur push to talk ini memang sudah diadopsi oleh beberapa layanan instant messenger lain. Jika melihat waktunya, WhatsApp memang terkesan sedikit terlambat dalam menghadirkan fitur ini. Namun tampaknya semua itu memang dilakukan untuk mempersiapkan layanan push to talk agar dapat berjalan dengan lebih baik. Bagi mereka yang gemar berkomunikasi dengan menggunakan handy talk (HT), layanan voice chat ini tentu tampak tidak terlalu asing bahkan melalui layanan ini mereka dapat menikmati komunikasi ala HT dengan cara yang berbeda.

Dalam fitur voice chat yang disediakan oleh WhatsApp ini pengguna dapat melakukan komunikasi suara. Namun seperti komunikasi pada perangkat HT, pengguna hanya dapat melakukan komunikasi suara secara bergantian hanya saja dalah kasus ini komunikasi yang terjadi dilakukan melalui kanal digital. Cara menggunakan fitur ini juga cukup mudah. Untuk menggunakan layanan ini pengguna hanya cukup menekan tombol mikrofon yang terletak pada sisi sebelah kanan kotak pesan teks dan mengucapkan beberapa patah kata yang ingin dikirimkan.

Konsep komunikasi ini sebenarnya menggunakan metode perekaman suara yang kemudian hasil rekaman tersebut dikirim melalui kanal digital. Akan tetapi prinsip kerja tersebut tidak terlalu tampak karena saat pengguna mengangkat jarinya dari tombol mikrofon, pesan yang direkam akan langsung dikirim ke tujuan.

Pengguna sudah dapat Menikmati Fitur Voice Chat

3.WhatsApp-Kini-Hadirkan-Fitur-Push-to-Talk_1

Fitur voice chat ini kini sudah dapat dinikmati oleh para pengguna WhatsApp. Untuk menggunakannya pengguna hanya perlu memperbaharui aplikasi WhatsAppnya melalui toko aplikasi yang telah disediakan oleh masing-masing platform. Setelah melakukan update software, pengguna akan memperoleh tampilan baru WhatsApp dengan beberapa penambahan fitur baru.

Layanan WhatsApp ini memang disediakan secara gratis. Akan tetapi ini hanya berlaku untuk tahun pertama saja. Setelah tahun pertama, pengguna diharuskan membayar seharga Rp 9500. Biaya tersebut berlaku untuk 1 tahun berikutnya dan jika pada tahun berikutnya pengguna ingin melanjutkan keanggotaannya di WhatsApp, pengguna diharuskan melakukan pembayaran kembali.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *