WeChat Mencoba Peruntungan Dengan Platform Game Baru

By on July 12, 2013
WeChat-Mencoba-Peruntungan-Dengan-Platform-Game-Baru-1

Telepon genggam menjadi salah satu gadget paling populer dan paling banyak digunakan, ada berbagai macam fitur dan kegunaan yang bisa didapatkan penggunaan telepon genggam. Kemudahan mengakses internet menggunakan telepon genggam sedikit banyak juga mengubah kebiasaan pengguna dengan hadirnya fungsi atau fitur baru dari sebuah telepon genggam. Salah satu fitur populer dari telepon genggam dengan menggunakan koneksi internet adalah fitur social chat. Ada beberapa mobile social chat populer seperti WeChat yang bersaing memperebutkan penggunaan aplikasi ini di antara para pengguna telepon genggam. Perusahaan dari Cina ini telah menjaring sekitar 400 juta pengguna dan terus berusaha meningkatkan jumlah pengguna dengan menawarkan fitur baru berupa permainan di aplikasi obrolan sosial ini.

Platform Game Baru Dari WeChat

WeChat meluncurkan platform game terbaru untuk memberikan fitur hiburan baru bagi pengguna aplikasi obrolan sosial ini dan menarik lebih banyak lagi pengguna. Game pertama yang dikeluarkan oleh WeChat adalah WE-LINK yang sebelumnya dikembangkan secara tertutup oleh pihak WeChat. Selain game baru tersebut,telah ada setidaknya sepuluh game lain yang tengah dikembangkan dan akan segera diluncurkan. Tiga game  lain yang kemungkinan akan segera menyusul diluncurkan adalah Fight the Landlord, We Love Pang dan We Runner.

Game dari WeChat tersebut untuk sementara waktu belum tersedia bagi pengguna WeChat di seluruh dunia, baru pengguna WeChat dengan telepon genggam berbasis Android di kawasan Cina yang dapat menikmati memainkan game tersebut. Kebijakan tersebut sepertinya dilakukan untuk memanfaatkan tren menggunakan telepon genggam berbasi sistem operasi Android yang sedang terjadi di Cina. Sebagian dari game yang dikeluarkan oleh WeChat dapat diunduh dan dimainkan dengan gratis, sedangkan beberapa game akan dibuat berbayar. Game berbayar dapat diunduh dengan melakukan transaksi pembayaran dengan Tencent Tenpay atau WeChat Payment.

Fitur Game Sebagai Bagian Dari Persaingan Layanan Mobile Social Chat Asia

WeChat-Mencoba-Peruntungan-Dengan-Platform-Game-Baru-2

Mengeluarkan fitur baru berupa game di dalam aplikasi mobile social chat WeChat menjadi bagian dari strategi menghadapi persaingan dengan dua layanan serupa. Persaingan dengan Line dari Jepang dan KakaoTalk dari Korea Selatan memaksa WeChat untuk mengeluarkan fitur baru guna menarik lebih banyak pengguna. Sebelumnya, KakaoTalk telah berhasil meraih keuntungan besar dengan mengeluarkan 15 game.

Sebelumnya, semua layanan mobile social chat tersebut juga telah mengeluarkan fitur stiker untuk menarik lebih banyak pengguna. Persaingan aplikasi mobile social chat juga diramaikan oleh Facebook yang juga mengeluarkan fitur stiker guna menarik lebih banyak pengguna. Pengguna layanan mobile social chat dari Facebook dapat menggunakan fitur stiker dengan gambar wayang yang telah dimodifikasi, terdapat 40 jenis wayang sebagai pilihan stiker yang tersedia di layanan mobile social chat dari Facebook.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *