Vine VS YouTube

By on June 14, 2013
Vine-VS-YouTube-1

Seiring dengan kemunculan Vine, kebiasaan pengguna internet dalam berbagi konten juga semakin berkembang. Berkat Vine kini pengguna layanan Twitter dapat saling berbagi konten video singkat melalui akun mereka. Sebenarnya layanan berbagi video memang tidak hanya dimiliki oleh Vine saja. Sebelumnya sudah ada YouTube yang juga bergerak di bidang yang serupa. Di YouTube pengguna dapat saling berbagi video tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Namun berbeda dengan YouTube, Vine hadir bersama dengan aplikasi Twitter. Perbedaan lain yang dimiliki oleh Vine adalah durasi konten video yang dapat dihadirkan. Jika YouTube mampu memberikan konten video yang cukup panjang, Vine hanya menyediakan konten video selama 6 detik saja.

Trend Baru dalam Berbagi Konten Video

Sebelum kemunculan Vine, pengguna internet umumnya menggunakan tautan YouTube untuk berbagi video melalui akun media sosial mereka. Melalui YouTube mereka saling berbagi video yang umumnya berdurasi hingga mencapai beberapa menit. Video-video tersebut umumnya memang termasuk video yang panjang. Namun tampaknya tidak semua orang membutuhkan layanan yang demikian. Bagi sebagian orang kreatif, karya seni mereka akan tampak lebih menarik jika mereka menampilkannya dalam durasi yang cukup singkat. Bahkan banyak video kreatif YouTube yang hanya berdurasi beberapa detik saja. Namun bagi sebagian orang YouTube tampak cukup merepotkan, terutama saat ingin mengunggah video ke situs tersebut. Mungkin celah inilah yang berhasil ditemukan oleh para pendiri Vine.

Meski belum lama hadir, Vine sudah berhasil menggaet pengguna dalam jumlah yang sangat besar. Popularitasnya pun semakin berkembang. Fenomena ini tentu membuat sebagian orang berpikir apakah Vine akan menggeser YouTube. Meski Vine dan YouTube sama-sama merupakan aplikasi berbagi koten video, namun jika diperhatikan tampaknya Vine memiliki target usernya sendiri. Vine memang lebih digemari oleh mereka yang ingin menampilkan karya seni berdurasi singkat. Kemampuan tersebut tentu lebih spesifik dibandingkan dengan YouTube yang mampu menampung berbagai macam video. Bahkan cuplikan filmpun dapat diunggah ke YouTube.

Vine tidak akan Menggantikan YouTube

Vine-VS-YouTube-2

Dari sisi kemudahan, Vine tampaknya memang lebih unggul. Bahkan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video melalui smartphone dengan sangat mudah. Tampilan yang sederhana dan minimalis juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini juga membuat konten video tampak lebih dominan dibandingkan dengan fitur-fitur lain yang tidak berhubungan dengan video yang diunggah. Namun jika dilihat dari sisi informasi, YouTube memang lebih unggul. Pada YouTube pengguna tidak perlu terlalu merasa khawatir dengan durasi. Untuk itu bagi mereka yang ingin menyampaikan pesan yang cukup panjang melalui konten video umumnya lebih memilih layanan yang satu ini. Karena kemampuan tersebut, YouTube juga kerap dijadikan sebagai media untuk beriklan. Jika dilihat dari sisi ini, tampaknya anggapan bahwa Vine akan menggantikan posisi YouTube tampak terlalu radikal.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *