Vine atau Instagram?

By on June 28, 2013
Vine-atau-Instagram-1

Kehadiran Vine memang telah menjadi salah satu obrolan baru bagi para pengguna layanan berbagi video. Meski hadir dengan konsep yang sederhana, aplikasi berbagi video berdurasi pendek ini mampu memikat banyak pengguna. Pertumbuhan pengguna dan aktifitas berbagi video melalui layanan ini juga tumbuh dengan cukup signifikan. Namun tampaknya Instagram yang sebelumnya telah menjadi salah satu layanan berbagi foto favorit tidak tinggal diam. Bahkan untuk kembali menarik minat para pengguna, aplikasi berbagi foto ini mengembangkan layanannya dengan menyediakan layanan berbagi konten video yang mirip dengan Vine. Namun mana yang lebih baik? Vine atau Instagram Video? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini ulasannya.

Durasi dan Fitur Video

Sejak awal Vine memang hadir sebagai layanan berbagi video dengan durasi pendek. Durasi video yang disediakan oleh layanan ini maksimal hanya selama 6 detik saja. Namun berbeda dengan Vine, Instagram Video hadir dengan durasi yang lebih lama. Bahkan aplikasi ini menawarkan durasi video selama 15 detik. Ini tentunya lebih lama dari Vine. Namun durasi lebih lama tidak menjamin lebih baik. Karena itulah jenis video yang menjadi target Instagram Video tentunya juga harus berbeda dengan Vine. Dari sisi fitur video, Instagram Video tampaknya lebih unggul. Pada Instagram Video, setelah merekam video pengguna dapat memilih filter seperti pada fitur yang dimiliki oleh foto Instagram. Di sini ada sekitar 13 filter yang dapat dipilih oleh pengguna. Fitur seperti ini memang tidak dimiliki oleh Vine. Akan tetapi dari sisi kenyamanan, Vine jauh lebih unggul.

Prosesing, Sharing dan Hasil Video

Vine-atau-Instagram-2

Proses upload video tentunya juga patut untuk dibandingkan. Jika mempertimbangkan durasi video, video berdurasi 15 detik tentu membutuhkan lebih lama untuk diunggah ke dunia maya. Namun sayangnya saat diuji coba dengan durasi video yang sama pun video yang diunggah lewat Instagram tampak lebih lambat dari Vine. Bahkan mengunggah video lewat Instagram lebih tampak merepotkan. Dalam hal pemutaran video, Vine juga lebih baik. Pada Vine hal ini dapat dilakukan dengan lebih cepat. Namun untuk urusan sharing video, Instagram menawarkan pilihan sosial media yang lebih beragam. Jika Vine hanya menyediakan pilihan untuk membagikan video ke akun Twitter saja, Instagram menawarkan beberapa pilihan seperti Facebook, Tumblr, Twitter dan Foursquare. Selain itu Instagram juga menghadirkan fitur Photo Map.

Dalam hal hasil video, Vine tampaknya masih lebih unggul dari Instagram. Meski dari sisi tampilan tidak terlalu berbeda jauh, namun Vine tampak lebih nyaman digunakan. Meski demikian, duel antara Vine vs Instagram Video tampaknya cukup seimbang. Hanya tinggal pilih saja, mana yang kira-kira paling sesuai dengan kebutuhan pengguna. Akan tetapi untuk para seniman video berdurasi pendek, Vine tampaknya masih tetap menjadi pilihan paling favorit.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *