Trik Ciptakan Foto atau Video 360 Derajat dengan Menggunakan Kamera Ponsel

By on November 25, 2013
4. Trik Ciptakan Foto atau Video 360 Derajat dengan Menggunakan Kamera Ponsel 1

Ponsel zaman sekarang memang semakin canggih. Ada banyak fitur canggih yang disematkan ke dalam ponsel pintar, sebutan ponsel canggih zaman ini. Kecanggihan fitur-fitur pada ponsel pintar kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menunjang hobinya. Misalnya saja fitur kamera pada ponsel yang kini memiliki kemampuan yang sama dan ada juga yang bahkan melebihi kemampuan kamera digital/ pocket camera.  Mungkin Anda salah satu orang yang tertarik dengan dunia fotografi namun masih setia mengabadikan objek menarik dengan menggunakan kamera ponsel canggih Anda.

Hasil foto Anda akan terlihat semakin maksimal dengan adanya tambahan peralatan yang mendukung aktifitas  fotografi Anda. Sebut saja tripod, monopod, penyangga, dan masih banyak peralatan pendukung lainnya. Ditambah lagi dengan adanya aplikasi khusus untuk editing foto-foto yang sudah Anda potret.

Pernahkah Anda memotret objek dengan angle 360 derajat? Pastinya belum pernah, bukan? Anda bisa mencobanya dengan menggunakan kamera ponsel Anda. Sebelum mencobanya, sebaiknya Anda siapkan beberapa perlatan yang diperlukan, yaitu ponsel, tripod, aksesoris tripod yang dapat berputar (contohnya Cam Lapse), dan Glif atau pengikat Smartphone lainnya. Lantas, bagaimana caranya? Simak sajainformasinya di bawah ini.

1. Tentukan terlebih dahulu yang akan diambil gambarnya

Anda boleh memilih objek apa saja. Objek akan terlihat indah bila diambil dengan time-lapse. Objek akan terlihat sangat menakjubkan bila diambil dengan metode sudut 360 derajat ini. Sebut saja contoh objeknya adalah karnaval, matahari terbit, taman, kebun binatang, matahari terbenam, rutinitas sehari-hari, dan masih banyak contoh objek lainnya.intinya apa yang dilihat Anda  akan tampak lebih indah apabila dipotret dengan metode 360 derajat ini.

2. Gunakan aplikasi yang tepat

Apabila Anda menggunakan Smartphone, Anda memiliki dua pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan. Kedua jenis aplikasi tersebut adalah aplikasi yang bisa Anda dapatkan dengan cara mendownloadnya terlebih dulu di Store  dan juga aplikasi bawaan Smartphone Anda. Keduanya memiliki kemampuan yang sama. Kemudian baru lakukan langkah-langkah memotret. Langkah pertama yaitu pilih mode video pada Smartphone Anda. Langkah kedua, tempatkan Smartphone Anda pada peralatan Time-Lapse yang dapat berputar. Jika Anda gunakan Camplapse , silahkan Anda putar Camlapse  dan tap Record-nya.  Atau jika Anda bersedia, Anda bisa mencari ide lain agar kamera ponsel Anda dapat berputar saat sedang mengambil gambar. Setelah objek sudah berhasil diambil dan direkam, kini Anda tinggal mengeditnya. Gunakan program Quicktime atau iMovie. Jika Anda menggunakan aplikasi dari app store, Anda bisa gunakan apliaksi Motion Picture (terdapat pada iOS) atau Lapse It (pada iOs dan Android). Terakhir baru memilih interval, pengaturan exposure  dan white balance, danresolusinya.

3. Pilih interval

Interval adalah durasi atau waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan foto yang satu dengan foto yang lainnya. lamanya interval berbeda-beda tergantung pada objek yang akan Anda tampilkan dengan menggunakan metode  360 derajat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *