Tips Meningkatkan Keamanan Lock Screen Ponsel Android

By on January 3, 2014
4.1 Tips Meningkatkan Keamanan Lock Screen Ponsel Android

Sebagian orang merasa bawa lock screen di Android ini tidaklah terlalu penting fungsinya, padahal handphone kita merupakan barang yang sangat pribadi atau personal. Anda melakukan chat dengan pacar, orangtua, teman atau dengan siapapun itu yang tentunya tidak ingin chat ataupun SMS itu terbaca oleh orang-orang yang berada di sekitar Anda atau yang meminjam handphone Anda bukan? Terlebih lagi anak muda jaman sekarang seringkali kerap melakukan hal iseng seperti membajak akun jejaring sosial milik temannya. Walaupun yang dibajak ini terkadang justru senang. Namun apapun itu, keamanan memang haruslah menjadi nomor satu, terlebih lagi jika Anda sering berbelanja aplikasi di store Android dan mendaftarkan kartu kredit dan juga PayPal milik Anda.

Memang lock screen ini belum bisa memastikan bahwa ponsel Android Anda sudah benar-benar aman dari hack atau pencurian data. Namun yang terpenting hal ini bisa mempersulit pembajak, pencuri atau teman Anda yang diam-diam melakukan pembelian aplikasi atau game yang berasal dari handphone milik Anda. Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda terapkan guna meningkatkan keamanan ponsel Android milik Anda.

4.4 Tips Meningkatkan Keamanan Lock Screen Ponsel Android

Pertama adalah jangan menganggap bahwa pattern lock screen itu aman. Mungkin memang bagi sebagian besar orang pattern lock screen Android merupakan kunci masuk yang sulit untuk dibuka. Sepertinya Anda harus bisa mengubah pemikiran itu. Mengapa? Pattern lock screen ini mudah saja dibuka oleh orang dengan cara melihat bekas sidik jadi di layar ponsel. Bekas gesekan akan tertinggal di bagian layar ponsel dan orang lain akan dengan mudah mengetahui kunci pattern lock screen Android Anda. Lalu apa solusinya? Solusinya adalah yang termudah yaitu dengan menghapus bekas gesekan di layar Anda setiap kali setelah Anda membuka kunci pattern lock di ponsel Android Anda. Kedua adalah dengan menggunakan antigores yang tidak licin, Anda bisa menanyakannya di toko pada saat akan membelinya. Ketiga adalah dengan menggunakan Picture Password Lockscreen, dimana aplikasi ini akan menggunakan gambar full screen untuk membuat tempat dalam melakukan gerakan kecil. Tap dan swipe ini bisa dilakukan dimana saja, sehingga membuat sulit untuk mudah ditebak. Ketelitian memang harus diutamakan dalam aplikasi ini, untungnya jika Anda lupa masih ada PIN yang bisa diatur sebagai cadangan. Cara lainnya menggunakan Hidden Lock, dimana cara ini akan menyembunyikan tombol locksreen di layar, karena di layar akan hanya ada layar terakhir yang sebelumnya Anda akses seolah-olah ponsel tidak terkunci.

Kedua adalah jangan menggunakan widget lock screen Android dan sudah banyak orang yang protes karena fitur keamanan yang tidak maksimal. Memang fitur ini akan memberikan kemudahan untuk mengakses langsung dari aplikasi yang memang sering digunakan, namun jika berbicara soal keamanan masih kurang bisa untuk diandalkan.

Ketiga adalah mengunci foto atau album foto Anda. Sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci foto salah satunya adalah Screen Locker. Keempat adalah menggunakan sistem keamanan terbaru yaitu Face Unlock yang ada pada Jelly Bean, namun memang tingkat keamanannya lebih rendah daripada PIN dan pattern.

lock screen

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *