Timehop Ditiru oleh Facebook

By on March 27, 2015
2. Timehop Ditiru oleh Facebook 2

Jejaring sosial paling populer di dunia, Facebook, baru-baru ini memperkenalkan secara resmi sebuah fitur barunya yang diberi nama On This Day. Fitur baru ini memiliki sistem kerja yang hampir sama dengan sebuah aplikasi baru yang bernama aplikasi Timehop. Aplikasi Timehop merupakan sebuah aplikasi yang menampilkan kenangan/ nostalgia di media sosial para penggunanya. Dilansir dari Kompas Tekno, On This Day hingga saat ini masih belum bisa diakses oleh para pengguna Facebook di Indonesia. Dikutip dari Tech Crunch edisi Selasa 25 Maret 2015, fitur On This Day kabarnya akan segera dirilis dan dapat segera dinikmati oleh seluruh pengguna Facebook di seluruh dalam waktu dekat.

Pihak Facebook menginformasikan bahwa fitur On This Day dapat diakses dengan membuka menu Bookmarks Facebook, News Feed, URL https://www.facebook.com/onthisday atau bisa juga melalui Search. Tak hanya itu, media sosial yang memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia ini juga akan menampilkan notifikasi opt-in khusus untuk para pemilik akun Facebook yang kerap menggunakan mobile phone sebagai media pengakses akun Facebook-nya. Notifikasi ini digunakan khusus untuk para pengguna Facebook dengan iOS, mobile web, desktop, dan Android. Anda pastinya sangat penasaran dengan tampilan fitur baru ini, bukan? Fitur On This Day ini nantinya akan menampilkan postingan-postingan Facebook, baik berupa status atau foto yang telah diunggah oleh pemilik akun Facebook dalam rentang waktu tertentu.

Khusus postingan yang berupa foto, Facebook akan siap menampilkan kembali koleksi foto yang pernah diunggah paling lama satu tahun yang lalu, sedang untuk status, Anda para pengguna Facebook dapat melihat kembali semua status yang Anda posting 4 tahun yang lalu hanya dengan menggunakan fitur ini. Kedengarannya sangat menarik, bukan?

Facebook menambahkan bahwa, pihaknya belum menciptakan pilihan untuk keluar dari fitur ini. Namun, Facebook menyampaikan bahwa pihaknya kini tengah menciptakan algoritma khusus yang dapat digunakan oleh para pengguna Facebook nantinya agar Facebook tak menampilkan postingan status atau foto yang mungkin akan kembali mengingatkan pengguna dengan hal/ peristiwa/ orang yang kini tak ingin diingatnya.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya fitur On This Day ini sudah ada di dalam halaman Facebook sejak tahun 2010 lalu. Ada sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa karena popularitas aplikasi Timehop yang mana aplikasi ini telah menarik 6 juta orang yang kemudian menjadi penggunanya mendorong Facebook kembali menggiatkan dan mengaktifkan kembali fitur ini. Layanan yang diberikan oleh On This Day ini memang sama dengan aplikasi Timehop. Anda boleh mengeceknya nanti setelah fitur On This Day dari Facebook secara resmi kembali rilis dan muncul di akun Facebook Anda.

on this day, timehop, aplikasi facebook, facebook, aplikasi terbaru facebook, aplikasi nostalgia

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *