Ternyata Instagram Lebih dari Sekedar Layanan untuk Berbagi Foto

By on June 1, 2013
Ternyata Instagram Lebih dari Sekedar Layanan untuk Berbagi Foto-2

Jika Anda berpikir bahwa Instagram hanyalah sebuah layanan untuk berbagi foto, maka Anda salah. Selama ini, Instagram memang telah dikenal secara luas sebagai salah satu aplikasi foto terbaik dengan layanan untuk berbagi foto. Akan tetapi Kevin Systrom, pendiri aplikasi tersebut, menegaskan bahwa Instagram ternyata lebih dari sekedar layanan berbagi foto. Hal tersebut disampaikan pada sebuah forum diskusi bersama Mike Krieger (selaku Co-Founder Instagram) dan beberapa pihak terkait lainnya.

Pada forum tersebut, Kevin menyampaikan bahwa Instagram adalah aplikasi yang lebih menekankan pada layanan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain di kalangan para penggunanya. Selain itu, dari beberapa hal yang disampaikannya, dapat disimpulkan bahwa ke depan, Instagram tidak akan hanya terbatas pada layanan untuk foto saja. Bisa jadi, video adalah salah satu jenis layanan yang akan juga bisa digunakan pada aplikasi tersebut.

Mengenal Instagram

Instagram adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk berbagi foto. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada bulan Oktober tahun 2012 yang lalu. Sejak awal peluncurannya, popularitasnya terus meningkat secara drastis hingga sekarang. Facebook bahkan telah mengambil alih Instagram pada bulan April tahun 2012 dengan nilai transaksi mencapai satu miliar Dolar Amerika. Para pengguna bisa mengambil foto dan mempublikasikannya ke berbagai macam jejaring sosial. Memotong foto menjadi seperti hasil foto kamera polaroid yang berbentuk persegi adalah salah satu fitur unik yang disediakan oleh Instagram.

Anda para pengguna gadget berbasis iOS dan Android bisa mengoperasikan Instagram di gadget Anda. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, Anda bisa mengunjungi website Apple App Store maupun Google Play dan mendownloadnya. Gadget berbasis Apple yang bisa digunakan untuk mengoperasikan aplikasi tersebut minimal adalah perangkat dengan sistim operasi iOS 3.1.2. Sementara untuk gadget Android, minimal berbasis sistim operasi Android 2.2 atau Froyo.

Pengembangan Instagram di Luar Bidang Fotografi

Ternyata Instagram Lebih dari Sekedar Layanan untuk Berbagi Foto-1

Sinyal kuat akan dilakukannya pengembangan Instagram untuk layanan-layanan lain di luar lingkup fotografi disampaikan oleh Kevin Systrom yang diberitakan oleh Cnet pada Jumat, 31 Mei 2013 kemarin. Kevin menyampaikan bahwa dirinya tidak pernah menyebutkan kalau Instagram disediakan hanya untuk mengakses layanan fotografi. Dia menambahkan bahwa mereka hanya sedang berusaha untuk menemukan waktu yang tepat, teknologi yang tepat, peralatan yang tepat, dan juga tempat yang tepat untuk hal tersebut. Artinya bahwa pengembangan Instagram untuk layanan lain di luar fotografi kemungkinan besar akan segera bisa kita nikmati.

Selanjutnya merambah pada masalah bisnis, hingga saat ini Instagram masih belum mau mengumumkan secara terbuka tentang rencana bisnis yang akan mereka jalankan. Akan tetapi, satu hal yang telah pasti adalah bahwa mereka tidak berniat untuk menyediakan akun premium berbayar, seperti yang bisa kita jumpai pada Flickr. Kevin menegaskan hal tersebut dengan menyatakan bahwa di dalam bisnis yang mereka lakukan, mereka tidak akan membebankan biaya subskripsi pada para pengguna Instagram.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *