Spammer Kini Mulai Incar Tumblr

By on May 30, 2013
Spammer-Kini-Mulai-Incar-Tumblr-2

Ketenaran memang selalu membawa dampat positif dan negatif. Hal ini juga terjadi pada Tumblr yang popularitasnya semakin menanjak. Setelah sebelumnya diambil alih oleh Yahoo, situs yang satu ini semakin banyak diminati oleh kalangan muda. Namun jangan salah, selain diminati oleh mereka yang ingin eksis dan bergaul di dunia maya, ternyata situs ini juga mulai menarik minat para spammer.

Bahkan skenario yang jitu sudah disiapkan untuk menipu para korbannya. Fitur yang dimanfaatkan oleh para spammer ini adalah fitur komentar yang dimiliki oleh situs yang diciptakan oleh David Karp. Melalui fitur inilah para spammer menyerang korbannya dengan menawarkan barang-barang dagangannya.

Penemuan Symantec Security Response

Berdasarkan penemuan Symantec Security Response, kampanye spam dengan memanfaatkan fitur ‘Ask’ ini mulai terkuak. Para pengguna Tumblr tentu tahu bahwa Tumblr menyertakan satu fitur bernama ‘Ask’ yang memungkinkan pengunjung untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan blog yang dimiliki oleh sang pemilik akun. Pada kondisi default sebenarnya fitur ini dinonaktifkan. Namun pemilik akun dapat mengaktifkan fitur ini bahkan mempebolehkan komentar dari anonymous.

Melalui fitur ini spammer berusaha untuk menawarkan barang dagangan mereka. Dalam komentar spam yang ditemukan oleh Symantec Security Response, terdapat beberapa spammer yang menyampaikan pernyataan berupa iklan dengan membawa-bawa nama Tumblr. Saat dikonfirmasi ternyata hal tersebut cuma akal-akalan spammer saja. Bahkan disitu spammer juga mencantumkan url ke web yang telah disiapkan oleh spammer. Saat dicek, link tersebut ternyata mengarah pada situs tiruan majalah kesehatan populer.

Pada halaman tiruan tersebut dibeberkan segala informasi tentang kehebatan dan testimony dari pil diet. Selain itu situs tersebut juga berusaha mengarahkan pengunjung untuk melakukan pemesanan melalui link yang telah ditetapkan oleh spammer. Jika pengunjung mengklik link yang dimaksud, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman pemesanan. Pada halaman ini produk yang tersedia dibuat seakan-akan memang tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas. Namun sebenarnya hal tersebut memang sengaja dibuat agar pengunjung mau memesan produk tersebut.

Hati-hati dengan Penawaran yang tidak Jelas

Spammer-Kini-Mulai-Incar-Tumblr-1

Terkait dengan fenomena spam ini Symantec Security Response sendiri masih belum yakin apakah situs tersebut memang benar-benar akan mengirimkan pil yang ditawarkan atau tidak. Symantec Security Response juga belum bisa memastikan apakah situs tersebut memang benar-benar scam. Namun pihak Symantec menyarankan untuk tidak mencoba membeli barang yang ditawarkan dengan cara yang demikian.

Untuk mengatasi masalah ini pengguna dapat memanfaatkan fitur ‘Abaikan’ yang telah disediakan oleh Tumblr. Dengan fitur ini pengguna dapat memblokir akun, IP bahkan komputer yang mengirim pesan-pesan yang tidak diinginkan. Sebaiknya para pengguna Tumblr juga tidak perlu mananggapi spam-spam semacam ini. Perlakuan terbaik untuk spam semacam ini memang dengan mengabaikan informasi apapun yang ada di dalamnya. Bahkan jangan pernah mengunjungi link yang ada. Namun akan lebih baik lagi jika para pengguna memblokir pemilik akun, IP bahkan komputer pihak yang mengirimkan komentar spam tersebut.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *