Snapchat Berkembang Pesat Setelah Petinggi Instagram Hengkang ke Snapchat

By on December 6, 2013

Keputusan petinggi Instagram hengkang ke Snapchat ternyata membawa dampak yang positif pada pertumbuhan aplikasi digital Snapchat. Setelah bergabungnya Emily White, salah satu petinggi di Instagram, Snapchat kini mengalami perkembangan yang pesat dan bahkan Google dan Facebook sempat tertarik untuk mengakuisisi aplikasi digital tersebut. Namun begitu, kabar yang telah beredar menyebutkan bahwa pihak Snapchat menolak tawaran menggiurkan tersebut serta memilih untuk tetap independen dan terus mengembangkan bisnis mereka. Merekrut Emily White ialah salah satu langkah yang diambil oleh Snapchat untuk memperkuat bisnis mereka.

Sebelum hengkang ke Snapchat, Emily White sendiri merupakan salah satu eksekutif Facebook yang bertanggung jawab atas bisnis iklan yang ada di Instagram. Keputusan petinggi Instagram hengkang ke Snapchat tersebut terbukti membuahkan hasil dan saat ini Emily menjabat sebagai COO atau Chief Operating Officer di Snapchat. Seperti dikutip dari AllThingsD pada Selasa, 3 Desember 2013, juru bicara Snapchat menyebutkan bahwa pihaknya sangat gembira menyambut kedatangan Emily ke dalam keluarga besar Snapchat. Emily White yang saat ini berusia 35 tahun sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Director of Business Operations saat dirinya masih di Instagram mulai sejak periode April 2013.

Saat masih bekerja di Instagram, Emily White, bersama dengan pendiri Instagram, Kevin Systrom, sukses membuat model bisnis yang dapat mendatangkan uang bagi layanan Instagram. Sebelum bergabung dengan Snapchat, Emily White juga pernah berkarir di Google dimana dirinya bertugas untuk mengurusi iklan online. Pada satu kesempatan, Kevin Systrom mengucapkan rasa terima kasih untuk Emily White karena jasa yang telah diberikan oleh Emily White dalam mengembangkan perusahaannya, Instagram. Systrom mengatakan bahwa Instagram saat ini menjadi tempat yang lebih baik karena usaha Emily White seraya menambahkan bahwa pihaknya berterima kasih pada White yang saat ini menjabat sebagai COO di Snapchat tersebut.

Snapchat sendiri didirikan oleh Evan Spiegel pada tahun 2011 dan saat ini, perusahaan tersebut memiliki 30 orang karyawan dan kehadiran Snapchat sendiri disambut baik oleh para pengguna dan menjadikan aplikasi digital tersebut salah satu perhatian di industri digital, sama seperti kehadiran Facebook dan Instagram yang telah hadir lebih dulu dari Snapchat. Pada bulan September lalu, pihak Snapchat mengumumkan bahwa layanan mereka menerima serta mengirim 350 juta gambar dan video setiap harinya dari pengguna dan jumlah tersebut terus mengalami peningkatan dan saat ini menjadi 400 juta gambar dan video per harinya.

Pihak Snapchat tentu berharap bahwa Emily White dapat menciptakan sebuah model bisnis yang tepat supaya layanan mereka dapat menghasilkan uang dan mereka akan melakulan eksperimen supaya pengguna bisa mendengarkan musik di aplikasi Snapchat. Bukan itu saja, mereka juga berniat untuk menawarkan pembelian konten di dalam aplikasi atau in-app-purchase. Snapchat sendiri telah mendapatkan investasi dari perusahaan pemodal yaitu Benchmark Capital serta Lightspeed Venture Partners dan pada bulan Juni 2013, Snapchat telahmendapatkan investasi putaran berikutnya dari Institutional Venture Partners berkat partisipasi dari SV Angel dan General Catalyst Partners. Saat ini, Snapchat bernilai 75 juta Dollar AS dan setelah petinggi Instagram hengkang ke Snapchat, diharapkan Snapchat dapat mempertahankan nilai tersebut atau bahkan mendapatkan nilai yang lebih tinggi lagi.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *