Sistem Pendingin Baru Pada Xbox One

By on August 16, 2013
13.Sistem-Pendingin-Baru-Pada-Xbox-One-02

Hampir semua perangkat elektronik dengan kinerja yang tinggi memiliki masalah yang sama, yaitu menjadi panas. Panas yang dihasilkan berasal dari penggunaan energi listrik yang membuat komponen – komponen bekerja dan menjalankan fungsinya. Masalah panas ternyata juga menjadi masalah bagi konsol game terbaru keluaran Microsoft, Xbox One yang memiliki kecepatan komputasi jauh lebih tinggi dibandingkan konsol terdahulu ternyata berpotensi menghasilkan panas yang juga lebih banyak.

Kondisi ini juga diperparah dengan desain dari konsol Xbox One yang berupa kotak mendatar dengan sisi rata yang cukup luas di bagian atas, bentuk tersebut secara tidak langsung akan membuat dan mengundang penggina Xbox One untuk meletakkan benda – benda di atas konsol yang pada akhirnya akan menghalangi proses pelepasan panas.

Leo Del Castillo yang merupakan Kepala Pengembangan Xbox dari Microsoft menyatakan bahwa Microsoft sebagai pihak produsen tidak dapat menghalangi ataupun mencegah pengguna Xbox One untuk meletakkan benda- benda di atas konsol game tersebut. Meskipun begitu, dalam proses pengembangan yang dilakukan oleh Microsoft dalam membuat desain Xbox One maka perangkat konsol game ini telah dibekali dengan sistem pendinginan secara otomatis yang tidak memerlukan campur tangan penggunanya.

Telah ada kipas pendingin yang terpasang pada konsol game tersebut dimana perangkat Xbox One akan menjaga dirinya agar tidak mengalami over heating atau kondisi terlalu panas dengan cara menaikkan kecepatan kipas pendingin ketika suhu yang terlalu panas terdeteksi.

13.Sistem-Pendingin-Baru-Pada-Xbox-One-01

Mekanisme pendinginan secara otomatis ini dirasa perlu karena kinerja konsol game ini begitu tinggi sehingga terdapat resiko mengalami over heating ketika sedang digunakan bermain game. Sistem pendinginan yang digunakan oleh Xbox One sebenarnya bukanlah teknologi baru karena telah lazim digunakan pada perangkan komputer, sistem throttling telah biasa digunakan pada perangkat PC tetapi baru pertama kali digunakan pada game konsol.

Teknologi ini bukan tanpa konsekuensi, keberadaan kipas pendingin akan menambah konsumsi daya sehingga diperlukan arsitektur pengelolaan daya listrik yang lebih teliti agar perangkat tetap bekerja optimal meskipun terdapat konsumsi daya tambahan untuk melakukan pendinginan.

Perubahan arsitektur desain dari Xbox One yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Xbox 360 membuat perangkat game konsol terbaru ini memiliki konsumsi daya yang lebih efektif, Castillo menyatakan bahwa manajemen penggunaan daya dari Xbox One telah sangat efektif sehingga tidak lagi membutuhkan aliran udara.

Meskipun begitu, pihak Microsoft juga belum memberikan keterangan apakah sistem pendingin baru tersebut pada prakteknya akan mengganggu ataupun menurunkan kinerja Xbox One ataukan tidak seperti resiko terjadinya gambar tampilan game yang patah – patah akibat daya yang menurun ketika sistem pendingin otomatis sedang bekerja untuk menurunkan suhu yang terlalu panas.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *