Siap Sambut Playstation VR?

By on February 28, 2016
2. Siap Sambut Playstation VR 2

Tahun ini tampaknya dapat disebut sebagai tahun teknologi Virtual Reality. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang fokus pada bidang ini. Bahkan, banyak pula produk dari mereka yang sudah diluncurkan pada tahun ini yang membuat dunia Virtual Reality mudah diakses. Sebut saja, Oculus dengan Oculus Rift, serta HTC dengan HTC Vive.

Kini, Sony juga akan meluncurkan Playstation VR yang sangat dinanti oleh banyak penggemarnya. Kita tentu sudah mengetahui game-game yang diluncurkan pada konsol Sony dapat dikatakan sangat berkualitas. Dengan adanya gadget Virtual Reality ini, para game pecinta game-game dari konsol Sony tentunya akan dapat memperoleh pengalaman gaming tersendiri.

Sony sendiri tampaknya akan segera meluncurkan produk VR buatan mereka ini. Hal ini tampak dari acara yang akan digelar Sony pada Game Developer Conference, di San Fransisco apda 15 Maret mendatang. Pada acara ini, perusahaan asal Jepang ini akan fokus pada produk Playstation VR (PSVR).

Konsep dari Playstation VR sendiri sebenarnya sudah dibuka ke publik sejak 2 tahun lalu. Pada saat itu, Sony memulai proyek bernama Project Morpheus. Proyek inilah yang menjadi cikal bakal dari gadget VR ini.

Seperti dilansir The Verge, pada Jumat 26 Februari 2016, Andrew House, Chief Playstation menyampaikan Playstation VR akan dijual bukan sebagai aksesoris dari konsol yang sudah ada. Playstation VR akan dijual sebagai konsol game baru. Bila hal yang disampaikan Andrew ini benar, maka ada kemungkinan akan muncul game-game baru yang khusus dibuat untuk platform gaming baru ini.

Yang menarik dari Playstation VR adalah headset ini tidak membutuhkan PC untuk dapat digunakan menikmati dunia Virtual Reality. Headset ini hanya membutuhkan PlayStation 4, yang dapat dikatakan sudah cukup mampu menciptakan kualitas grafis yang sangat baik, setara dengan PC dengan spesifikasi tinggi.

Artinya, dari sisi biaya, headset VR buatan Sony ini lebih unggul daripada HTC Vive maupun Oculus Rift. Dua gadget VR ini, membutuhkan PC dengan spesifikasi yang cukup tinggi yang tentunya membutuhkan biaya lebih besar.

Di lain sisi, Sony juga diuntungkan akan hal ini. Sony berhasil menjual konsol game terbaru mereka, yaitu PlayStation 4 sebanyak 36 juta unit per Januari tahun ini. Artinya, ada banyak gamer yang dapat langsung menggunakan Playstation VR dengan konsol game yang mereka miliki.

Memang, belum ada pengumuman resmi kapan Sony akan merilis headset VR buatan mereka ini. Acara yang diadakan pada tanggal 15 Maret 2016 mendatang juga belum diketahui apakah akan menjadi momen dimana Sony akan merilis produk ini. Akan tetapi, dapat dikatakan, tahun ini, dunia Virtual Reality akan semakin mudah diakses dengan datanganya satu produk baru lagi, yaitu Playstation VR.

Playstation VR

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *