Saran Membuat Foto Siluet Tanpa Photoshop

By on May 7, 2015
3. Saran Membuat Foto Siluet Tanpa Photoshop 2

Ada banyak orang yang suka sekali membuat foto tanpa memperlihatkan detil objek yang difoto, bahkan yang terlihat di hasil foto tersebut hanya seperti bayangan saja. Teknik foto seperti ini disebut sebagi teknik foto siluet. Kebanyakan orang membuat foto siluet dengan memanfaatkan software komputer seperti Photoshop. Teknik ini membutuhkan keahlian editing yang lumayan rumit karena Anda harus menghitamkan objek tanpa menghilangkan efek atau gambar di background, tak heran jika foto siluet menjadi salah satu jenis teknik fotografi yang cukup disukai karena menampilkan kecantikan objek foto hanya dari siluet yang dibuat.

Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk membuat foto siluet langsung dengan kamera tanpa harus melalui proses editing di komputer. Anda ingin tahu caranya? Yang perlu Anda ketahui dari teknik foto siluet ini adalah sebuah siluet akan terjadi ketika ada cahaya yang terang berasal dari arah depan lensa dan objek berada diantara sumber cahaya dan lensa, maka efek siluet akan terjadi. Sebuah foto siluet akan semakain sempurna jika tidak ada cahaya yang terang datang dari arah belakang lensa dan menyinari objek  yang hendak difoto.

Hal tersebut prosesnya sama persis seperti saat mata kita silau terkena sinar di depan kita sehingga kita tidak bisa memandang jelas objek yang ada persis di depan kita, namun pada kamera, fungsi mata digantikan dengan fungsi lensa dan sensor gambar. Jadi jika Anda ingin membuat efek foto siluet tanpa editing di komputer maka kondisikan kamera Anda seperti tersebut, yaitu Anda memotret objek dengan menghadap cahaya yang terang.

Untuk mempermudah Anda membuat foto siluet tersebut maka berikut sara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah menentukan momen terbaik. Seperti dijelaskan diatas, foto siluet terjadi jika Anda memotret objek dengan menghadap cahaya yang terang, oleh sebab itu sunset dan surise adalah saat terbaik dimana Anda bisa melakukan foto siluet dengan mudah.

Efek cahaya matahari yang kuat di saat Golden Hour tersebut adalah momen foto siluet yang jauh lebih baik daripada editing di komputer.Kebanyakan orang membuat foto siluet di tempat-tempat yang mendapat sinar matahari pada sore atau pagi tanpa terhalang antara lain pantai dan juga puncak gunung. Jadi Anda memotret dengan menghadap langsung matahari, yaitu menghadap ke timur saat sunrise dan menghadap ke barat saat sunset.

Pada saat Anda mengambil foto objek tersebut Anda jangan memakai flash, karena hal tersebut justru akan membuat foto siluet tidak jadi karena flash menyinarkan cahaya ke arah objek yang hendak Anda foto. Set kamera untuk tidak menyalakan flash secara otomatis. Namun sebelum Anda memotret, pastikan objek mempunyai gaya yang dan bentuk yang menarik, seperti membentuk gambar hati dengan tangan atau cewek cowok yang bergandengan tangan.

Foto Siluet

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *