Robot Hijau Digunakan Untuk Mencuri Dari Rekening

By on October 27, 2013
3. Robot Hijau Digunakan Untuk Mencuri Dari Rekening 1

Di jaman smartphone seperti ini, Anda dapat membeli berbagai jenis hp berbasis android dengan harga dari yang sangat murah sampai yang seharga motor baru. Hampir semua dari hp Android tersebut menggunakan platform seri terbaru. Memang saat ini Android yang berlambang robot hijau digunakan pada sebagian besar smartphone yang ada dipasaran.

Keuntungan menggunakan android adalah cara penggunaan yang sederhana dan tidak ribet serta ada banyak aplikasi-aplikasi gratis yang dapat diunduh dari internet untuk dipergunakan di platform android. Namun ternyata ketenaran android sering disalahgunakan saat ini ada indikasi si robot hijau digunakan untuk mencuri dari rekening pengguna smartphone android. Ancaman ini dilansir oleh suatu media internasional yang mengatakan bahwa ada virus trojan yang disebarkan melalui android dan mencuri data e-banking pemilik HP tanpa diketahui.

Jika data log in di sistem e-banking para pengguna android  sudah dicuri maka uang yang ada direkening korban dapat dicuri dari manapun juga karena login name dan password sudah diketahui. Menurut media tersebut trojan ini sudah menyebar ke pengguna-pengguna android di berbagai negara di Eropa dan beberapa negara di Asia namun yang terparah adalah di Korea.

Penyebaran virus trojan ini paling cepat melalui situs pengunduhan seperti Google Play Store dan banyak lagi situs-situs lain yang menyediakan layanan download APK untuk android. Virus trojan yang sangat berbahaya ini mempunyai kemampuan melihat setiap sms yang diterima dan dikirim pengguna android dan melihat aplikasi apa saja  yang terpasang dan kemudian melaporkan pada servernya sendiri. Setelah itu trojan ini menggantikan aplikasi e-banking dengan semacam keylogger sehingga dengan mudah si robot hijau digunakan untuk mencuri dari rekening korban.

Oleh sebab itu jika Anda adalah seorang pengguna platform android, sebaiknya berhati-hati dengan kegiatan Anda sehari-hari. Memang smartphone dibuat untuk membanti aktifitas Anda sehari-hari dalam berkomunikasi dan melakukan banyak hal  lain dengan mudah namun juga perlu diperhatikan bahwa kehati-hatian sangat diperlukan apalagi jaman teknologi sudah sangat canggih dan malah bisa-bisa Anda menjadi korbannya.

Untuk mencegah si robot hijau digunakan untuk mencuri dari rekening Anda sebaiknya saat Anda mendownload apapun dari internet untuk android Anda, perhatikan selalu dan baca reviewnya terlebih dahulu untuk mengetahui fungsi dan kegunaan aplikasi tersebut. Pastikan juga Anda mendownload aplikasi tersebut dari situs-situs resmi walau hal tersebut tidak 100% melindungi Anda.

Untuk lebih pastinya, jika Anda ingin bertransaksi e-banking, maka pergunakanlah koneksi internet yang aman seperti dari komputer pribadi Anda atau lebih baik pergunakaan telepon banking saja. Jika memang Anda terpaksa menggunakan android Anda, pastikan Anda mengganti password secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *