Review Game SunClean

By on August 7, 2013
107.Review Game SunClean_1

Game memang selalu menarik bagi semua orang. Saat ini game juga telah tersedia dalam berbagai macam genre. Namun game modern tampak semakin unik dan berbeda dibandingkan dengan game tradisional. Hal ini terlihat dari gameplaynya yang semakin kreatif bahkan topik yang diusung juga memiliki keunikan tersendiri.

Saat berbicara mengenai game, sebagian besar orang mungkin akan menilai bahwa hanya orang luar saja yang mampu membuat game yang berkualitas. Akan tetapi anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Developer game tanah air juga banyak yang telah meluncurkan game-game menarik. Bahkan banyak juga game yang berhasil memperoleh penghargaan tingkat dunia.

Game Menarik dan Mendidik

Salah satu game hasil karya anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia adalah SunClean. Game yang dikembangkan oleh lima anak UI yang tergabung dalam tim SunSquare Studio ini sukses memikat juri ajang Sanitation App Challenge 2013 yang diselenggarakan oleh World Bank. Berbeda dengan game-game pada umunya yang lebih fokus pada kegiatan bersenang-senang, SunClean juga memiliki nilai-nilai pendidikan yang mengajarkan anak-anak tentang pola hidup bersih dan sehat.

Dalam game yang bernama SunClean ini pemain akan dihadapkan pada dua pilihan mini game yakni Trash Disposal dan Hand Wash for Kids. Sesuai dengan namanya, game ini memang ditargetkan untuk anak-anak usia empat tahun ke atas. Untuk memainkan game ini, Anda dapat mengunjungi di situs resminya yakni di www.sunsquarestudio.com/sunclean. Setelah Anda masuk ke dalam situs tersebut, Anda akan langsung dihadapkan pada halaman menu utama game.

Belajar Memisahkan Sampah dan Mencuci Tangan dengan Baik

107.Review Game SunClean_2

Dalam game ini pemain akan diajarkan banyak hal. Pada game Trash Disposal pemain akan diajarkan bagaimana cara memisahkan antara sampah organik dengan sampah anorganik. Sedangkan pada game yang bernama Hand Wash pemain akan diajarkan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik. Menariknya lagi game ini tidak hanya fokus pada satu platform akan tetapi dapat berjalan pada platform lain seperti Android, Windows 8, iOS dan Blackberry 10.

Kemampuan lintas platform game ini tidak terlepas dari bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan game ini. Dalam pembuatan game, pengembang menggunakan bahasa HTML 5. Ini adalah bahasa pemrograman lintas platform dan dapat berjalan pada platform apapun.

Secara tampilan, game SunClean ini sebenarnya tampak cukup sederhana. Tidak ada grafis yang rumit. Ini sama seperti game-game online ataupun game flash pada umumnya. Namun nilai plus yang dimiliki oleh game ini menjadikan SunClean lebih dari sekedar game biasa, melalui game ini gamer juga dapat belajar banyak hal.

Saat ini game SunClean ini memang hadir secara online dan dapat dimainkan dari perangkat apapun. Selama perangkat tersebut terhubung dengan internet, gamer dapat memainkan game ini. Namun ada kemungkinan game ini akan dikembangkan ke arah social game sama seperti game-game yang dikembangkan oleh Zynga.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *