Persaingan Sengit antara Play Store melawan App Store

By on April 20, 2014
1754486apps-on-app-store780x390

Menurut sebuah riset yang dilakukan App Annie, ternyata jumlah unduh aplikasi di Google Play Store pada kuartal pertama tahun 2014 ini lebih tinggi jika dibanding jumlah unduh di Apple App Store. Tapi Walaupun demikian, ternyata App Store justru mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi untuk para pengembang aplikasi mereka. Lantas, bagaimana bisa hal ini bisa terjadi?

Ternyata riset yang dilakukan oleh App Annie menunjukkan bahwa dalam kuartal pertama tahun 2014 ini, ternyata jumlah unduh aplikasi Play Store lebih tinggi 45 persen jika dibanding dalam App Store. Sedangkan pada kuartal sebelumnya pun Play Store lebih unggul 35 persen jika dibanding dengan App Store miliknya Apple.

Tapi jika kita melihat dari jumlah keuntungan yang didapat oleh kedua perusahaan tersebut, ternyata toko aplikasi milik Apple tersebut justru mampu mengungguli toko aplikasi milik Google. Seperti dikutip dari Phone Arena pada 16/04/2014 yang lalu, justru selama periode Januari hingga Maret 2014 ini, ternyata aplikasi iOS yang ada di Aps Store mampu mendatangkan keuntungan hingga 85 persen lebih banyak jika dibanding jumlah pendapatan yang diterima pengembang aplikasi dalam Google Play Store miliknya Google.

Meskipun memimpin dengan margin keuntungan yang sangat tinggi dan mampu melampaui pesaing terdekatnya dengan sempurna, namun menurut survei App Annie, justru tingkat kesenjangan pendapatan yang diterima pengembang pada kedua toko aplikasi populer tersebut kian mengecil dan bahkan sangat mengkhawatirkan, termasuk di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris dimana para pengembangnya hanya mempunyai pendapatan yang sangat kecil.

Pada kuartal pertama 2014 lalu Google Play mendapatkan pertumbuhan keuntungan sebesar 55 persen di pasar Amerika Serikta, dan sebanyak 25 persen mendapatkan penghasilannya di Inggris. Pihak Google sendiri sangat bergantung pada pasar di negara-negara berkembang dalam memasarkan aplikasinya tersebut. Hal ini karena di pasar Negara berkembang, harga ponsel pintar Android ini dijual lebih murah dan mampu mengalahkan penjualan iPhone sendiri.

Menurut App Annie, ternyata aplikasi Game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna platform yang sedang saling bersaing ini. Bahkan tiga dari empat aplikasi teratas (yang paling banyak di unduh) di App Store merupakan aplikasi game. Sedangkan di sisi lain, Play Store miliknya Google, ternyata aplikasi game mendominasi sebesar 90 persen dari total jumlah aplikasi yang diunduh.

Dengan ketatnya persaingan antara kedua perusahaan ini, maka kita sangat berharap bahwa kedua perusahaan ini akan mampu menghadirkan pelayanan dan aplikasi-palikasi yang lebih baik lagi supaya para pengembang dan pengguna lebih bisa leluasa lagi dalam menjatuhkan pilihan.

 1014092apple-app-store1780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *