Nanti Facebook Bisa Diakses Tanpa Kuota Internet?

By on December 13, 2015
Facebook-360-ios

Situs sosial media Facebook mengumumkan akan membuat sebuah teknologi baru yang akan memungkinkan para pengguna smartphone bisa tetap melihat News Feed mereka meskipun tidak memiliki koneksi data internet.

Nantinya, dalam mode offline tersebut, para pengguna akan tetap bisa memberikan komentar terhadap satu postingan yang dilakukan oleh temannya, walaupun memang komentar tersebut baru akan dipublikasikan atau akan muncul ketika si pengguna sudah mendapatkan koneksi data kembali.

Seperti dilansir dalam Tech Crunch, salah satu juru bicara Facebook menyatakan jika mode offline tersebut sangat berguna untuk membantu para pengguna di negara-negara berkembang yang memiliki keterbatasan akses data internet, serta bagi mereka yang biasa mengakses Facebook lewat ponsel di koneksi 2G.

Secara garis besar, Mode offline Facebook yang kini sedang dalam masa diuji coba tersebut sebenarnya hanya bekerja dengan menampilkan kembali posting News Feed yang sebelumnya memang sudah diunduh ke dalam ponsel, tapi belum sempat dibaca oleh para penggunanya.

Nanitnya semua postingan tersebut akan dikumpulkan, dan kemudian disusun kembali dalam ranking terbesar sesuai dengan relevansi. Nanitnya algoritma ranking tersebut akan menentukan apakah sebuah foto dalam posting tersebut akan ditampilkan atau tidak.

Setelah itu, nantinya aplikasi akan menampilkan konten yang sudah diunduh datanya tapi belum dilihat oleh pengguna tadi secara kesleuruhan. Dengan proses ini, maka pengalaman pengguna akan jauh lebih meningkat, dan mudah-mudahan saja mereka tidak akan lagi melihat ikon loading atau menunggu konten dimuat saja.

3. Work Chat, Chatting dengan Cita Rasa Facebook Di Tempat Kerja 1

Ketika koneksi internet kembali lancar, maka pihak Facebook akan kembali mengunduh dan menyusun ranking posting secara normal kembali, sesuai dengan berita terbaru. Meskipun dibuat untuk membantu pengguna di wilayah negara berkembang, tapi teknologi offline ini pun diharapkan bisa membantu bagi para pengguna yang kesulitan mendapatkan sinyal yang baik.

Hingga saat ini fitur offline sendiri masih sedang dalam masa pengujian untuk mendapatkan masukan dari tim penguji. Sayangnya, pihak Facebook sendiri enggan untuk memberikan kepastian kapan fitur canggih tersebut akan resmi dirilis ke publik.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *