Mudahkan Proses Komputasi, Android Tawarkan Aplikasi Bioinformatika

By on September 15, 2013
Mudahkan Proses Komputasi, Android  Tawarkan Aplikasi Bioinformatika

Android menjadi salah satu sistem operasi yang sangat dibutuhkan dan diminati oleh banyak orang. Android memang memudahkan semua orang mendapatkan semua aplikasi baru dengan sangat muda. Saat ini semua orang bisa melakukan komputasi dengan sangat mudah karena Aplikasi Bioinformatika yang sematkan pada ponsel Android terbaru.

Sistem komputasi memang dibutuhkan agar semua orang bisa mengolah data biologis dengan mudah. Anda tentu sudah sering menggunakan aplikasi misalnya Dropbox, Skydrive dan juga Google Drive yang bisa memudahkan Anda untuk menganalisis data dan menyimpan data kapan saja dan dimana saja. Beberapa tools Bioinformatikan juga bisa diakses dengan sangat mudah dengan ponsel berbasis Android Anda.

Terobosan Aplikasi Bioinformatika

Selama ini kita memang hanya bisa melakukan analisis bioinformatika dengan menggunakan komputer besar atau PC. Namun dengan adanya beberapa gadget terbaru dan berteknologi tinggi ternyata analisis bisa dilakukan dengan lebih sederhana dan dapat dilakukan dengan gadget mudah seperti smartphone atau tablet. Tidak semua smartphone dan tablet memang bisa digunakan untuk melakukan analisis bioinformatika.

Android dipilih sebagai sistem operasi yang bisa digunakan untuk melakukan analisis bioinformatika karena basis open sources android yang memang ditawarkan. Dengan menggunakan android tidak perlu menggunakan biaya yang besar untuk melakukan analisis ini. Walaupun Anda bisa melakukan analisis bioinformatika dengan mudah menggunakan android Anda, Anda tetap harus tahu kelemahan dari melakukan analisis dengan android ini.

Kelemahan dari sistem ini adalah lamanya Anda dalam melakukan analisis ini. Data yang digunakan berukuran sangat besar dengan sistem komputasi yang sangat sulit dan sedikit rumit sehingga membutuhkan waktu yang jauh lebih lama jika dilakukan di platform yang kecil. Anda akan lebih mudah melakukan analisis jika Anda membuka aplikasi pada tablet dengan tampilan yang lebar dan Anda bisa menggunakan aplikasi “on go”.

Mudahkan Proses Komputasi, Android  Tawarkan Aplikasi Bioinformatika

Contoh Beberapa Aplikasi Bioinformatika

Ada beberapa aplikasi bioinformatika yang bisa Anda buka di Android Anda. Anda yang senang membuka Google Play tentu saja telah sering mendapatkan aplikasi bioinformatika. Anda bisa menggunakan Aplikasi BAK4BIO yang akan didesain dengan sederhana untuk mengakses database informatika. Anda juga bisa menggunakan aplikasi DNA alignment yang akan digunakan untuk melakukan urutan DNA.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang lebih unik, Anda bisa mencoba aplikasi DPSAT yang bisa digunakan untuk memberikan protein dari data tersebut. Selain itu aplikasi ini juga bisa membuat Anda mudah menginformasikan konten. Bagi Anda yang ingin menghitung properti yang ada di setiap program maka Anda akan bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Memang dengan adanya aplikasi Bioinformatika ini membuat banyak penggunaka Android yang merasa senang, namun ternyata banyak sekali hambatan dari aplikasi ini. Anda tidak akan mungkin menyelesaikan semua penelitian hard core hanya dengan smartphone atau tablet Anda saaja. Anda tetap akan membutuhkan bantuan PC atau komputer untuk melakukan proses akhir dari analisis data tersebut.

Mudahkan Proses Komputasi, Android  Tawarkan Aplikasi Bioinformatika

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *