Miitomo, Game Nintendo Pertama Di Perangkat Mobile

By on April 5, 2016
2. Miitomo, Game Nintendo Pertama Di Perangkat Mobile 1

Nintendo memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menelurkan banyak inovasi, khususnya dalam industri game. Perangkat atau konsol game buatan mereka sangat populer dan yang pasti, Nintendo juga dikenal dengan game-game yang super menarik. Namun, bila Anda lihat seluruh game yang mereka produksi, dapat dikatakan seluruhnya diperuntukkan untuk konsol game maupun PC. Anda akan sangat sulit untuk menemukan game Nintendo yang dibuat khusus untuk perangkat mobile.

Tetapi, awal Maret 2016 ini, tampaknya hal tersebut sudah berubah. Satu game dari Nintendo berhasil diluncurkan dan game ini dibuat khusus untuk perangkat mobile. Game yang dimaksud bernama Miitomo.

Miitomo dapat dikatakan perpaduan antara game serta media sosial. Keunikan inilah yang membuat aplikasi ini menarik perhatian banyak pengguna gadget. Bahkan, jumlah unduhan aplikasi ini mencapai 1 juta lebih hanya dalam beberapa hari.

Menurut kabar dari UberGizmo, yang dirilis pada Sabtu, 2 April 2016, game Nintendo ini sebenarnya hanya dirilis untuk Jepang saja pada awalnya. Namun, karena sambutannya yang sangat bagus (1 juta lebih unduhan), pihak Nintendo memutuskan untuk merilis Miitomo secara global. Dan, akhirnya mereka resmi melakukannya pada tanggal 31 Maret 2016 yang lalu.

Sayangnya, meskipun mereka merilisnya secara global, aplikasi ini masih belum tersedia untuk negara Indonesia. Kemungkinan besar, pengguna Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba game ini beberapa waktu mendatang.

Miitomo sendiri merupakan game hasil kerjasama Nintendo dengan DeNA, salah satu studio game asal Jepang. Game Nintendo yang diluncurkan untuk perangkat mobile ini dibuat untuk iOS serta Android.

Gameplay dari Miitomo sebenarnya lebih mirip dengan Tomodachi Life, sebuah game untuk konsol Nintendo 3DS. Pada dasarnya, awal memulai game ini, Anda harus membuat avatar yang akan Anda gunakan untuk bermain. Dengan avatar ini, Anda dapat berkomunikasi dengan teman Anda, bertukar foto avatar, dan bertanya maupun menjawan pertanyaan dari teman Anda.

Jadi, dapat dikatakan, Miitomo adalah game media sosial. Tetapi, Anda tidak menggunakan foto diri Anda sendiri, melainkan karakter yang Anda buat. Anda juga dapat memperoleh koin yang dapat digunakan untuk membeli berbagai item, seperti pakaian dan aksesoris.

Sebenarnya, saat pihak Nintendo mengumumkan akan meluncurkan game terbaru untuk perangkat mobile, banyak pihak meragukannya. Hal ini disebabkan, Nintendo sebelumnya mengumumkan akan meluncurkan konsol game terbaru mereka, yaitu Nintendo NX. Dengan adanya proyek konsol game ini, banyak pihak memprediksi bila Nintendo akan lebih fokus padanya. Dan, tidak mungkin mereka akan meluncurkan produk baru bersamaan dengan konsol ini.

Bila Anda tertarik dengan game Nintendo ini, untuk Anda yang menggunakan iOS sudah dapat menikmatinya. Anda hanya perlu menggunakan Apple ID dan Google ID versi USA. Dan, Anda dapat mengunduh dan memainkannya.

Game Nintendo

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *