Microsoft Office Gratis, Ini Alasan Microsoft

By on November 10, 2014
2 Dalam Sekejap Ms Office iPad Meroket 2

Sebuah kabar gembira sekaligus sangat mengejutkan datang dari Microsoft, dimana perusahaan yang dikenal dengan sistem operasi Windows tersebut baru saja melepaskan aplikasi Misrosoft Office untuk dua kompetitor utamany, yakni Apple dan Google dengan Cuma-cuma. Seperti dilansir dalam Mashable, Microsoft Office ini sendiri sudah mulai bisa di unduh gratis di iOS App Store dan Google Play Store.

Kalau kita melihat sepintas, memang keputusan Microsoft tersebut tidak masuk akal, karena bagaimanapun juga, keuntungan yang didapat dari hasil penjualan satu paket aplikasi produktif tersebut sangat berkontribusi terhadap sekitar satu per tiga keuntungan dari total penghasilan Microsoft. Bahkan ketika meluncurkan Office di awal tahun ini, pihak Microsoft sendiri sangat berharap kalau pihaknya akan bisa mendapat dana segar dari para pengguna iPad di seluruh dunia.

Pada waktu itu, Microsoft ketahuan ingin menarik keuntungan dengan cara mengenakan biaya kalau pengguna ingin menggunakan Office secara penuh, karena Offices versi gratis hanya bisa digunakan untuk membaca dokumen saja. Tehnik ini memang cukup cerdas, karena pengguna awalnya dipaksa untuk mendownload Offices secara gratis, tapi ujung-ujungnya pengguna membutuhkan fasilitas penuh. Dan itu artinya pengguna harus membayarnya.

Gratis yang benar-benar gratis!

Tapi kali ini ceritanya beda, para pengguna gadget iOS dan Android akan bisa mengunduh sekaligus memakai aplikasi Office ini secara gratis. Bahkan sekarang ini, untuk bisa membuat dokumen dan kemudian mencetak dokumen tersebut, pengguna bisa melakukannya tanpa harus membayar sepeser pun kepada Microsoft.

Bagi para pengguna gadget Android dan Apple, mungkin keputusan Microsoft ini sangat terbantu, tapi tentu saja di sisi lain Microsoft tidak mendapatkan keuntungan yang besar dari sektor aplikasi Office mobile-nya. Lantas, apa sih tujuan sebenarnya Microsoft yang menggatiskan aplikasi yang sangat laris manis ini?

Tentu saja langkah Microsoft yang menggratiskan aplikasi Microsoft Office untuk gadget iOS dan Android menjadi pertanyaan banyak pihak. Akhirnya beragam spekulasi pun bermunculan. Sampai lahirnya sebuah alasan yang paling mausk akal yang melatarbelakangi keputusan riskan Microsoft tersebut, yaitu segmentasi pasar dari aplikasi Microsoft Office itu sendiri.

Sampai saat ini, aplikasi Microsoft Office memang lebih banyak menyasar kepada para pengguna komputer dekstop atau laptop kantoran. Maka secara otomatis jumlah pengguna Microsoft Office untuk tablet dan smartphone diprediksi tidak akan menanjak dalam waktu singkat. Dengan begitu, Microsoft sendiri sangat yain kalau keuntungannya tidak akan menurun drasis, bahkan akan cenderung bertambah karena pengguna gadget juga akan menginstal Offices di dalam PC dan Laptopnya.

Tidak hanya itu, langkah cerdas Microsoft ini sendiri menghadirkan mimpi buruk bagi aplikasi sejenis yang memang lebih dulu biasa digunakan dalam perangkat iOS dan Android, sebut saja seperti QuickOffice dan Google Docs. Dengan gratisnya Offices, bukan tidak mungkin kalau aplikasi-aplikasi tersebut akan mulai ditinggalkan para penggunanya.

 3. Microsoft Office Layar Sentuh Hadir Untuk Android Lebih Dulu 2

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *