Microsoft Hentikan Dukungan Untuk Windows Vista

By on April 11, 2016
Windows Vista1

Setelah resmi menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP, sebuah kabar terbaru menyatakan jika Microsoft akan segera mengentikan dukungan terhadap siste operasi terbaru lainnya, ykni Windows Vista. Penghentian dukungan ini akan dilakukan mulai tahun depan.

Seperti dilansir dalam Neowin, Windows Vista dikabarkan tidak akan menerima update lagi dari Microsoft mulai 11 April 2017 mendatang. Kalau sudha begini, pa yang harus dilakukan pengguna PC atau Laptop dengan Windows Vista?

Kalau sudha begini, mau tidak mau pengguna Windows Vista harus segera beralih menggunakan sistem perasi terbaru dari Microsoft. Pilihannya, bisa Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 atau yang paling direkomendasikan adalah, sistem operasi Windows 10.

Sebagai catatan, Windows 10 sendiri sekarang ini masih bisa diunduh secara gratis sampai dengan 29 Juli 2016 mendatang. Hanya saja, pemberian secara Cuma-Cuma ini hanya berlaku untuk anda yang menggunakan OS Windows 7 atau OS terbaru orisinal.

Dengan kata lain, kalau anda pengguna Windows Vista dan ingin menggunakan Windows 10, maka anda bisa segera membeli salinan asli sistem operasi yang lebih baru, kemudian melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Kalau melihat perjalanannya, sebenarya update untuk Windows Vista sendiri sudah dihentikan selama sejak 4 tahun lalu atau sejak bulan April 2012 silam. Hanya saja, sejak saat itu Microsoft hanya memberikan update untuk keamanan saja.

Sebagai buktinya, Windows Vista bahkan sudah tidak menerima update browser Internet Explorer 9 di dalamnya. Sedangkan untuk pengentian update kali ini, Microsoft sepenuhnya akan mengentikan dukungan, termasuk akan berhenti memberikan update untuk keamanan.

Windows Vista

Sistem Operasi Gagal

Sebenarnya, sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2007, Windows Vista disebut-sebut sebagai sistem operasi gagal. Pasalnya, banyak pengguna yang mengeluhkan lompatan spesifikasi hadware, serta adanya kendala fitur keamanan User Account Control.

Hal inilah yang membuat banyak pengguna enggan menggunakan Windows Vista. Mereka justru lebih memilih bertahan dengan Windows XP atau menunggu sistem operasi terbaru lainnya, dimana kala itu Windows 7 masih belum dirilis.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *