Menikmati Video Apapun dari Perangkat Apapun Di TV Anda Dengan Google Chromecast

By on June 11, 2014
1. Menikmati Video Apapun dari Perangkat Apapun Di TV Anda Dengan Google Chromecast 1

Jika Anda hendak menikmati video apapun yang Anda sukai maka ada cara yang sangat hebat, yaitu membuat tampilan video yang kecil pada perangkat Anda menjadi sebesar layar televisi Anda. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan Chromecast, sebuah dongle yang mampu memindahkan streaming video ke layar televisi Anda. Google mengenalkan Google Chromecast pada akhir 2013 yang lalu, yang mampu menciptakan streaming video online dari apapun perangkat Anda ke layar televisi.

Cara kerja dongle Chromecast ini sangat simple yaitu hanya dengan menghubungkan ke port USB atau colokan listrik. Dongle ini bisa langsung dicolokan ke koneksi HDMI dan jika HDMI yang digunakan adaah HDMI 4.1 maka dongle ini  tidak memerlukan sumber daya lain, cukup port itu saja. Bentuk Chromecast yang kecil, hanya seperti modem internet biasa membuat perangkat ini mudah dibawa kemana-mana dan pada paket penjualannya, Anda akan mendapati satu kabek daya yaitu koneksi mini HDMI-USB, satu kabel penyambung HDMI, charger, dan buku manual.

Bagi Anda yang sudah membeli Chromecast maka untuk menikmati video streaming ke TV Anda sangat mudah. Setelah Chromecast dipasang pada HDMI TV dan colokan USB maka Anda perlu melakukan setup dengan perangkat yang Anda dengan cara Anda harus mengunjungi halaman Google.com untuk mengunduh aplikasi yang diperlukan, sesuai dengan jenis OS Anda, yaitu Mac, PC, atau Android. Jika sudah maka Anda akan secara otomatis akan dibimbing melakukan setup.

Yang pertama, Anda harus menghubungkan dongle Chromecast pada jaringan WiFi yang ada. Jika Anda ingin memasangkannya dengan perangkat laptop Anda maka Anda juga harus menginstall plug-in Google Cast di browser Anda. Jika Anda hendak melakukan streaming video maka Anda harus mengunduh aplikasi terbaru YouTube, netflix, dan semua aplikasi yang bisa berjalan di Chromecast. Tanpa update terbaru aplikasi-aplikasi tersebut, Anda tidak akan bisa melakukan streaming video.

Yang membuat Google Chromecast menarik adalah kemampuan Chromecast yang bisa dipergunakan dengan berbagai operasi yang berbeda. Seperti contoh, jika Anda mempunyai perangkat iOS dan Android, maka keduanya bisa terhubung dengan chromecast dan menikmati video streaming di TV. Hal ini karena streaming tidak dilakukan ke dongle namun perangkat Anda memerintah dongle tersebut untuk menjalankan file video yang ada di cloud. Dengan demikian maka Anda bisa mempergunakan perangkat Anda untuk hal-hal lain pada saat streming telah dilakukan.

Namun tetap saja kecepatan video yang bisa distreaming dengan Google Chromecast tergantung dari koneksi internet Anda dan juga kualitas video yang Anda saksikan juga tergantung dari kualitas video yang ada di YouTube atau dimanapun sumber video tersebut. Jadi jangan langsung kecewa jika dongle ini tidak bekerja sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

google chrome, aplikasi android, google, gadget, android

BACA JUGA:

Lihat Hasil Karya Mahasiswa UGM, Daniel Oscar dan Tim dalam Menciptakan Quick Disaster, Aplikasi Terbaik untuk Google Glass

Membuat Game Kamu Sendiri di Platform Android

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *