Mengenal Aplikasi Camstudio Dan Cara Settingnya

By on January 29, 2014
Mengenal Aplikasi Camstudio Dan Cara Settingnya_1

Camstudio merupakan aplikasi di PC yang berguna untuk merekam kegiatan yang ada di tampilan PC. Aplikasi ini serupa dengan snapshot namun berbeda hasilnya. Jika snapshot menghasilkan gambar foto, Camstudio menghasilkan gambar video. Camstudio sering digunakan untuk membuat video tutorial. Pembuatan video tutorial lebih mudah dengan aplikasi ini karena pengambilan obyeknya secara langsung. Dengan fungsi seperti ini, Camstudio menjadi software desktop recording yang paling populer. Lebih menarik lagi adalah software atau aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan gratis.

Dengan sifatnya yang open source alias gratis, aplikasi ini dipertanyakan kualitasnya. Terutama dalam kualitas hasilnya, dalam hal ini gambar videonya. Hasil video default dari Camstudio sangat jelek karena patah-patah. File hasil dari rekaman video melalui aplikasi ini berformat AVI atau SWF. Bagi anda yang awam dengan teknologi informasi, kelemahan ini dianggap wajar. Namun jika Anda terus menerus mendapatkan hasil seperti ini pasti akan berpaling ke software lain. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara agar mendapatkan hasil video yang tidak patah-patah.

Untuk hasil video rekaman yang tidak patah-patah, Anda harus melakukan setting terlebih dahulu. Sebenarnya hasil yang patah-patah disebabkan oleh ukuran file yang kecil. Format AVI atau SWF memang berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Wajar karena kedua format tersebut sering disebut ramah bandwidth. Karenanya, setting perlu Anda lakukan untuk mendapatkan gambar yang lebih baik. Hanya saja, kerugiannya adalah file Anda menjadi lebih besar daripada defaultnya. Tentu ini akan menyita memori PC Anda.

camstudio, aplikasi, software, komputer,

Sebenarnya ada cara lain untuk tetap mendapatkan video hasil rekaman dengan ukuran kecil. Anda dapat mengkonversi file video tersebut ke dalam format MP4. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Format Factory. Namun menggunakan cara ini menjadi tidak sederhana karena harus menggunakan aplikasi lain. Anda pasti lebih tertarik dengan setting langsung dari Camstudio. Anda bisa melakukannya dengan cara membuka menu ‘options’ kemudian pilih ‘video options’. Dalam tampilan video options, Anda dapat melakukan setting pada video default.

Dalam pengaturan ini, terdapat setting ‘quality’. Panel ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan. Pada defaultnya, kualitas gambar berada pada angka 70. Tingkatkan kualitas hingga 90 atau lebih. Peningkatan kualitas gambar tentu bertujuan untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Setelah melakukan pengaturan kualitas, selanjutnya Anda harus mengatur ‘framerates’-nya.

Pada pengaturan ‘capture frames every…’ defaultnya berada pada posisi 25 milisecond. Turunkan menjadi angka 4. Kemudian pada ‘playback rate’ Anda naikkan menjadi 250 frames/second atau posisi maksimal.  Cara mengubah ‘playback rate’ ini bisa Anda lakukan juga dengan menarik panel ‘max framerate’. Hanya saja setting ini hanya untuk menghilangkan tampilan yang patah-patah, bukan meningkatkan kualitas gambarnya.

camstudio, aplikasi, software, komputer,

BACA JUGA:

Huawei B199, Sentuhan Kemewahan Di Segala Kegiatan Anda dengan Smartphone Dual CDMA-GSM

Berdiet di Android Dengan Aplikasi Program Diet

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *