Melihat Dunia Lewat Google Earth

By on April 28, 2013
earth-2

earth-1

Perkembangan teknologi memang sangat menakjubkan. Pada era internet ini, setiap orang dapat mengakses informasi apapun dengan sangat mudah, bahkan siapa saja bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk mereka. Saat ini hal tersebut memang sangat memungkinkan. Jika Anda ingin mengetahui kondisi geografis di belahan dunia lain, Anda tinggal mencarinya melalui mesin pencari. Bahkan juga Anda ingin melihat bumi, Anda bisa menggunakan aplikasi besutan Google yang bernama Google Earth. Aplikasi ini memang sangat menarik. Selain itu aplikasi ini juga mampu memberikan pemandangan luar angakasa yang luar biasa.

Bagi mereka yang tertarik dengan astronomi atau geografi, aplikasi Google Earth ini tentu akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Di sini siapa saja bisa menyaksikan semua wilayah yang ada di dunia. Yang menarik lagi, pemandangan tersebut disuguhkan dalam bentuk foto satelit. Karena itu gambar yang disuguhkan terlihat sangat nyata. Bahkan tidak hanya itu saja, kini Google Earth juga berkembang menjadi satu aplikasi yang mampu menyuguhkan pemandangan bintang-bintang yang indah.

Melihat Dunia dari Langit

Saat Anda menggunakan aplikasi Google Earth ini, Anda akan disuguhkan pemandangan planet bumi yang identik dengan warna biru dan hijau. Jika Anda ingin menyaksikan kondisi di wilayah tertentu, Anda juga bisa melakukan zooming ke area tersebut. Fitur yang luar biasa dari aplikasi ini adalah resolusi yang mampu ditawarkan oleh aplikasi ini. Saat Anda melakukan zooming, Anda bisa melakukannya hingga pada posisi yang sangat dekat, bahkan bangunan-bangunan yang ada di area tersebut juga terlihat jelas.

Foto yang disediakan sebenarnya terdiri dari dua macam. Untuk versi gratis, foto yang disajikan biasanya merupakan foto lama. Akan tetapi jika Anda membutuhkan update foto terbaru, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa Google Earth yang berbayar. Bahkan kini Google earth juga telah menawarkan foto dalam bentuk 3D.

Melihat Angkasa yang Indah

earth-2

Selain menyuguhkan pemandangan peta dunia dari sudut pandang kamera satelit, Google Earth juga menawarkan pemandangan bintang-bintang di angkasa. Ini biasa disebut dengan peta bintang. Pada fitur yang satu ini, Anda akan menyaksikan rasi bintang yang ada di angkasa. Pemandangan tersebut tampak begitu indah. Selain itu, fenomena ini juga bisa dijadikan sebagai satu bahan pembelajaran bagi orang-orang yang tertarik dengan astronomi. Menurut informasi terbaru, kini Google Earth juga telah menyediakan peta bulan dan Mars. Dengan demikian, pengguna aplikasi ini benar-benar diberi kesempatan untuk berkeliling angkasa.

Pemandangan planet Mars kini tidak hanya menjadi konsumsi orang-orang NASA saja, masyarakat umum juga bisa ikut menyaksikan pemandangan Mars. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna bisa menggunakan dua macam cara. Cara pertama adalah dengan menginstall aplikasi versi desktopnya dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan Google Earth plugin yang bisa diinstall pada browser.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *