Mau Edit Photo, Pake Photoshop atau GIMP

By on August 22, 2015
2. Mau Edit Photo, Pake Photoshop atau GIMP 2

Dengan semakin berkembangnya teknologi smartphone, maka teknologi kamera juga ikut berkembang karena kamera adalah fitur wajib ada pada setiap smartphone. Jika tak ada kamera, maka smartphone tersebut bisa dipastikan tak akan laku dijual. Saat ini banyak sekali smartphone yang memiliki kamera berkualitas tinggi, bahkan ada yang menyamai kualitas kamera DSLR yang harganya terbilang mahal. Tentunya dengan kehadiran kamera di setiap smartphone, maka kehadiran software editing foto juga ikutan menjadi penting.

Sebenarnya setiap smartphone sudah mengikutkan software photo editing pada perangkat mereka walaupun hanya sebatas pada filter, cropping, resizeing dan editing yang sederhana. Nah, jika menginginkan hasil editan foto yang luar biasa, maka aplikasi luar diperlukan. Selama ini yang paling sering dipergunakan untuk mengedit foto adalah Photoshop. Namun belakangan ini muncul pesaing Photoshop yang juga mempunyai kemampuan editing yang mumpuni, yaitu GIMP. Keduanya dibekali dengan fitur-fitur nomor satu dan menghasilkan editing foto yang terbaik.

Mungkin jika saat ini Anda hendak mengedit sebuah foto, maka Anda bisa saja dibuat bingung, hendak memakai software yang mana agar hasl editan Anda terlihat paling bagus. Untuk membantu Anda memilih, maka berikut ini adalah perbandingan kedua software tersebut yang mana akan dibawah kelebihan dan kekuranan masing-masing software.

Kelebihan dari Program PhotoShop

Photoshop memiliki kelebihan untuk kebutuhan edit foto seperti adanya tutorial yang paling lengkap dalam bentuk buku, PDF,maupun online. Tak hanya itu, banyak pihak  yang menyediakan pelatihan bersertifikat untuk photoshop, baik yang gratis maupun berbayar. Yang gratis bisa Anda unduh dari youtube maupun dari web lain. Photoshop adalah program yang sangat lengkap, oleh sebabn itu Anda tak harus menginstal semua bagian dari program ini kecuali Anda adalah graphic editor profesional.

Yang artinya Anda hanya perlu memiliki dan mempelajari bagian yang Anda butuhkan. Jika Anda seorang dengan hobi fotografi, maka yang Anda butuhkan hanyalah menguasi fitur Beauty Retouching, cropping, editing dan fitur dasar fotografi. Photoshop memiliki warna Pantone yang merupakan warna standarisasi hasil print dan digital. Inilah kelebihan photoshop yang tak dimiliki GIMP.

Kelebihan GIMP

Salah satu kelebihan GIMP adalah program ini gratis. Anda yang tak mempunyai kartu kredit untuk membeli lisensi Photoshop bisa mempergunakan GIMP. Dan software ini paling pas untuk para blogger yang hanya membutuhkan fitur foto editing yang sederhana. Selain itu GIMP berukuran cukup kecil sehingga ringan untuk komputer Anda yang mungkin saja sudah jadul. GIMP juga tersedia bagi semua platform dan juga ada versi portable yang bisa Anda masukan pada flashdisk. Selain itu GIMP juga memiliki tutorial open source yang cukup banyak, walaupun tak selengkap Photoshop.

Photoshop

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *