Manfaat Bermain Game 3D untuk Penderita Alzheimer

By on December 25, 2015
3.Manfaat Bermain Game 3D untuk Penderita Alzheimer2

Pernahkah terpikirkan bahwa bermain game bisa mempertajam ingatan Anda? Nyatanya, menurut penelitian, memainkan game tertentu memang bisa membantu mempertajam ingatan Anda. Penelitian tersebut dilakukan oleh kelompok peneliti di Amerika Serikat.

Kelompok tersebut melakukan penelitian mengenai manfaat bermain game kaitannya dengan kondisi otak manusia. Dari penelitian ini, didapatkan fakta bahwa bermain game memang mampu mempertajam memori pemainnya.

Yang menjadi poin penting dalam penelitian ini adalah tidak semua game yang dimainkan dapat meningkatkan memori pemainnya. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa manfaat bermain game hanya akan didapatkan jika Anda memainkan game 3D.

Hasil ini tidak akan didapatkan jika Anda memainkan game 2D. Hasil ini terlihat saat seseorang pemain game 3D mengerjakan tes yang berkaitan dengan pembelajaran ingatan. Yang mengejutkan, hasil yang didapatkan oleh pemain tersebut meningkat setelah memainkan game 3D.

Itu artinya, pemain tersebut memiliki daya ingat yang lebih tajam setelah bermain game 3D. Lalu, mengapa harus 3D dan tidak game 2D? Ternyata, game 3D lebih banyak memiliki informasi khusus yang lebih bisa dieksplorasi lagi.

Selain itu, game 3D lebih kompleks sehingga otak akan terpacu untuk mempelajarinya. Jika penelitian mengenai manfaat bermain game terhadap ingatan ini dikembangkan, bisa jadi ini merupakan solusi nyaman bagi mereka yang mengalami penurunan ingatan.

Dengan bermain game 3D otak akan menjadi lebih rileks namun tetap aktif secara kognitif. Dalam penelitian ini, kelompok peneliti asal Amerika tersebut membagi responden dalam 2 kelompok. Kelompok yang pertama memainkan game 2D.

Secara spesifik, mereka memainkan game berjudul Angry Birds. Kelompok yang kedua memainkan game 3D. Kelompok tersebut menggunakan game 3D berjudul Mario 3D World. Mereka diperintahkan untuk memainkan game tersebut selama 30 kali per hari dalam 2 minggu.

Setelah dua kelompok tersebut memainkan game masing-masing, mereka diharuskan mengerjakan soal berkaitan dengan daya ingat. Setelah hasilnya diteliti, kelompok yang memainkan Mario 3D World memiliki peningkatan daya ingat jika dibandingkan dengan kelompok yang memainkan game Angry Birds 2D.

Hasil lain mengatakan bahwa saat memainkan game 3D, Anda juga akan meningkatkan koordinasi mata, tangan dan reaksi terhadap sesuatu. Bisa jadi, bermain game 3D akan menjadi solusi bagi penderita melemahnya daya ingat atau dementia Alzheimer.

Lalu, bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda seorang gamers? Jenis game apa yang sering Anda mainkan? Jika masih sering memainkan game 2D, maka ada baiknya memasukkan beberapa game 3D ke dalam daftar game Anda.

Cobalah memainkan sesuai dengan penelitian ini. Semoga saja, Anda akan memiliki ingatan yang lebih baik ketimbang sebelumnya. Benar-benar cara meningkatkan daya ingat yang sangat menyenangkan, bukan? Tentu saja, penelitian ini layak Anda coba dan buktikan sendiri hasilnya.

Bermain Game 3D

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *