Mainan Yang Bisa Menghasilkan Strum

By on May 25, 2014
3. Mainan Yang Bisa Menghasilkan Strum 2

Sampai saat ini masalah terbesar manusia yang belum bisa dicarikan solusi terbaiknya adalah masalah energi. Karena pertumbuhan manusia dan pembangunan yang sedemikian cepat, maka kebutuhkan energi juga semakin besar, sementara itu cadangan energi di bumi semakin menipis. Para ahli memprediksi bahwa cadangan bahan bakar fosil akan habis dalam kurun waktu 15-20 tahun lagi jika tidak ditemukan lagi sumber energi yang baru. Oleh sebab itu saat ini banyak pihak yang berlomba-lomba untuk menciptakan sumber energi alternatif sebagai upaya untuk menghemat penggunaan sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil.

Salah satu upaya penemuan teknologi untuk menghemat penggunaan energi adalah penemuan mainan yang bisa menghasilkan strum atau listrik. Anda tahu listrik sangat dibutuhkan  oleh manusia untuk melakukan berbagai hal, bahkan bahan bakar fosil juga diubah dulu menjadi listrik agar bisa berguna untuk menyalakan lampu, TV, AC, dan banyak hal lain yang berguna bagi kehidupan. Penemuan mainan yang diklaim bisa menghemat listrik merupakan terobosan yang sangat penting mengingat ada milyaran mainan yang memakai baterai sebagai sumber dayanya dan hal tersebut menimbulkan pencemaran karena bahan yang terkandung di dalam baterai tersebut.

Para tim peneliti di Amerika telah menemukan semacam bahan yang dipergunakan untuk mainan yang bisa menghasilkan strum listrik. Diklaim bahwa material pada mainan untuk anak-anak tersebut bisa membuat kinerja baterai dari smartphone meningkat hingga tiga kalinya. Mainan yang menjadi objek penelitian ini adlaah Silly Putty yang bahan pembuatanya adalah silikon. Bahan yang dipakai pada boneka ini dicampurkan dengan baterai lithium ion membuat baterai tiga kali lebih tahan lama dibandingkan dengan baterai lithium ion standar.

Penemuan ini tentu saja sangat menggembirakan karena membuka peluang untuk dikembangkannya baterai masa depan yang mempunyai daya tahan yang lebih baik dari baterai saat ini. Bahan masa depan yang potesial ini adalah silikon dioksida yang digunakan dalam pembuatan putty. Para ahli mengklaim bahwa bahan tersebut sangat aman, tidak beracun dan ramah lingkungan. Untuk merubah baterai standar menjadi baterai lithium ion super ini, para ahli mengubah silikon dioksida kedalam nanotube.

Keuntungan lain dari mainan yang bisa menghasilkan strum ini adalah bahwa bahan silikon dioksida bisa didaur ulang hingga 100 kali tanpa harus kehilangan kapasitas maksimumnya. Hal ini berarti memperpanjang usia efektif baterai yang dicampuri dengan bahan pembuat boneka ini. Untuk itu, kini para ahli sedang berjuang keras untuk mewujudkan mimpi mereka yaitu baterai smartphone dengan bahan dasar silikon dioksida yang bisa tahan lama hingga 3x baterai biasa. Jika penelitian ini bisa berhasil maka Anda tidak perlu lagi mengcharge smartphone Anda terlalu sering, bahkan kemungkinan besar power bank juga akan kurang laku di masa depan. Kita tunggu saja.

mainan, games online, silly putty, permainan strum

BACA JUGA:

Serunya Game The Amazing Spider Man 2 di Android dan iOS

Game Save The Hamster versi Android Sudah Bisa Diunduh

About Tekno Journalist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *