Mac Berjalan Secepat Kilat dengan Aplikasi Gratis Pembersih Ruang Disk

By on October 16, 2013
5.Mac Berjalan Secepat Kilat dengan Aplikasi Gratis Pembersih Ruang Disk 1

Seringkali hal yang menjadi faktor utama yang menyebabkan Mac Anda berjalan lambat adalah penuhnya kapasitas harddisk Mac anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu merapikan dan menghapus file yang tidak diperlukan. Dan, ada banyak jenis aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Disk Wave.

Saat Anda menggunakan aplikasi ini untuk pertama kali, anda akan melihat beberapa panel. Pada panel sebelah kiri, akan ada informasi mengenai drive di Mac Anda. Pilih satu drive untuk melakukan proses scan. Proses scan akan berlangsung untuk mencari file berukuran besar dan setelah selesai akan ada notifikasi yang mengingatkan Anda.

Setelah proses scan selesai, Anda akan bisa menemukan file berukuran besar dan folder dimana file tersebut berada. Dengan demikian, Anda dapat melakukan pengaturan dengan lebih mudah.

Anda juga bisa menemukan dan menghapus file berukuran besar yang tidak anda perlukan. Contohnya, video, game yang tidak pernah anda mainkan atau Anda bisa memeriksa folder Library untuk menemukan sisa file dari aplikasi yang sudah Anda hapus.

Untuk menampilkan informasi lebih jelas, Anda bisa memilih file lalu tekan tombol Quicklook atau spasi atau Cmd + I.

Aplikasi ini juga akan menampilkan pratinjau dari file gambar, video atau dokumen, sehingga mempermudah kerja anda. Anda dapat memilih secara dan menghapusnya secara langsung dengan memakai toolbar atau Anda bisa memeriksa file tersebut di Finder terlebih dahulu.

Untuk mempermudah pengaturan file, Anda bisa mengubah satuan ukuran file, pada kolom “File size unit”, menyortir file berdasarkan kategori pada kolom “Sort files by” atau menampilkan file tersembunyi dengan memberi centang pada kotak “Show invisible files”.

Memang, saat proses scan membutuhkan waktu. Akan tetapi, setelah itu, aplikasi gratis ini dapat mempermudah proses pengaturan file yang memenuhi ruang disk anda.

Selain Disk Wave, Anda juga bisa menggunakan Daisy Disk. Daisy Disk bukan aplikasi gratis. Anda perlu membeli aplikais ini seharga $20.

Akan tetapi, Daisy Disk memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Tapi, bila dibandingkan dengan Disk Wave, Disk Wave lebih mudah digunakan.

Bila Anda ingin aplikasi jenis ini yang memberikan visual menarik secara gratis, Anda bisa mencoba Disk Inventory X. Tapi, saat ini, aplikasi ini tidak mendapatkan update terbaru.

Selain aplikasi-aplikasi diatas, Anda juga bisa mencoba Finder, Disk Sweeper atau Grand Perspective.

Memang banyak aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk pengorganisasian disk Mac anda. Akan tetapi, bila dinilai dari kepraktisan dan kemudahan penggunaan, maka Disk Wave bisa menjadi pilihan utama. Selain itu, Disk Wave juga terintegrasi dengan fitur Quick Look di OS X yang menyebabkan aplikasi ini berjalan maksimal di OS ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *