LinkedIn Merayakan Ulang Tahunnya yang ke-10

By on May 7, 2013
LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-1

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-1

Pada tanggal 5 Mei 2003 lalu, seorang bernama Reed Hoffman mendirikan situs LinkedIn di ruang tamu rumahnya dan mengajak ratusan temannya untuk bergabung di situsnya tersebut. Sepuluh tahun kemudian, jejaring sosial untuk para profesional ini telah memiliki 200 juta penggemar, 3.700 karyawan dan 26 kantor di seluruh dunia.

Melihat perjalanan situs ini, dari awal banyak yang memprediksi bahwa situs ini akan sukses besar. Tapi untuk mencapainya perkiraan tersebut, situs ini memakan waktu yang tidak sebentar untuk mulai digunakan banyak orang. Bahkan situs ini pernah hanya terdapat kurang dari 20 orang yang mendaftar untuk menggunakan layanan yang ada di situs ini.

Reed Hoffman sang pendiri LinkedIn mengatakan bahwa di akhir bulan pertama situsnya diluncurkan, cuma ada 4.500 pengguna yang menggunakan jasa situsnya. Namun 10 tahun kemudian ia berterima kasih dan merasa bangga bahwa banyak orang telah menggunakan LinkedIn sebagai bagian dari kehidupan profesionalnya.

Bertahannya LinkedIn hingga 10 tahun merupakan pencapaian yang membanggakan. Karena ketika itu mereka kalah saing dengan 2 jejaring sosial lain yakni Friendster dan MySpace. Namun keduanya tidak bisa mempertahankan kejayaannya dan sudah dilupakan oleh masyarakan. Hal yang berbalik terjadi pada LinkedIn, kini sudah semakin banyak orang menggunakan LinkedIn.

Meskipun LinkedIn didirikan sebelum beberapa raja sosial media seperti Facebook yang didirikan setahun setelah LinkedIn diluncurkan, Twitter 3 tahun kemudian dan Google+ 8 tahun kemudian. Yang membedakan LinkedIn dengan jejaring sosial lain adalah tim dari situs ini memfokuskan dalam menciptakan model bisnis. Pada tahun 2005, 2 tahun setelah situs ini didirikan, situs ini memperkenalkan daftar pekerjaan dan langganan bertingkat untuk menghasilkan pendapatan. Kini, LinkedIn telah menghasilkan $300 juta dalam pendapatan dari setiap kantornya.

Untuk merayakan dekade pertama websitenya, LinkedIn memperlihatkan gambar-gambar perubahan websitenya dari tahun-ke-tahun. Dari mulai halaman biasa dengan informasi dasar hingga halaman dinamis untuk bersosialisasi bagi para pebisnis dan individu.

Simak perubahan setiap tahunnya situs LinkedIn dari tahun 2003 hingga 2013 atau 10 tahun perjalanannya:

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-2

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-3

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-4

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-5

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-6

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-7

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-8

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-9

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-10

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-11

LinkedIn-Merayakan-Ulang-Tahunnya-yang-ke-10-12

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *