Like ke Sympathize untuk Status Sedih

By on December 11, 2013
2.Like ke Sympathize untuk Status Sedih2 - Copy

Jejaring sosial tentu sudah bukan hal yang asing bagi banyak orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Banyak orang menggunakan jejaring sosial dengan berbagai alasan dan tentunya alasan terbesar mereka menggunakan jejaring sosial adalah kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang yang berada di lokasi berlainan tanpa harus bertatap muka secara langsung. Berawal dari keinginan untuk menjaga hubungan dengan teman, jejaring sosial kini juga berkembang untuk menjalankan beragam fungsi.

Jejaring sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Banyak orang yang merasa bahwa mereka yang tidak mempunyai akun di jejaring sosial tertentu sebagai orang yang kuno dan tidak gaul. Kini masyarakat dimanjakan dengan beragam jejaring sosial yang populer di tengah masyarakat sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, dan Path.

Dari sekian banyak jejaring sosial yang ada, Facebook boleh dikatakan sebagai salah satu jejaring sosial pertama yang menikmati kepopuleran di seluruh dunia. Meskipun ada yang mengatakan bahwa jejaring sosial ini kalah dengan jejaring sosial lain yang lebih baru, pada kenyataannya pengguna Facebook masih sangat banyak di seluruh dunia. Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Facebook yang tidak ditemukan di jejaring sosial lain.

Pengguna Facebook tentu sudah akrab dengan jempol yang diberikan ketika Anda menyukai sebuah status. Ya, fitur ini boleh dikatakan sebagai fitur yang membuat Facebook tetap dicintai oleh para penggunanya. Namun, status Facebook sangat beragam mulai dari status gembira hingga status sedih. Mungkin Anda pernah menemukan status Facebook seseorang yang diliputi duka dan ada teman yang memberi like pada status tersebut.

Tentu akan timbul kerancuan mengenai makna pemberian like tersebut. Anda memberikan like karena Anda merasa simpati atau Anda memberikan like karena Anda senang melihat pemilik status sedih tersebut dirundung kesedihan? Tentu pemberian like pada status yang beratmosfer kesedihan ini dirasa kurang pas dan Anda tidak sendiri karena pihak Facebook pun mempunyai pemikiran yang sama dengan Anda mengenai kondisi ini.

Pihak Facebook dengan menimbang-nimbang untuk menggantikan tombol like dengan tombol sympathize sehingga pengguna Facebook bisa mengekspresikan empati yang mereka miliki untuk status teman yang bernada kesedihan dengan benar. Pertimbangan ini didasarkan pada keinginan untuk membenarkan persepsi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antar pengguna Facebook.

Biasanya orang memberikan like pada status sedih seseorang karena mereka merasa simpati. Simpati ini sebenarnya bisa disampaikan melalui kotak komentar, tetapi tombol like cukup sering digunakan karena cara ini dianggap paling instan untuk memberikan tanggapan atas sebuah status baru. Tombol sympathize tengah digodok sehingga tombol like akan berubah secara otomatis ketika pengguna menulis status yang mengandung kata kunci yang berkaitan dengan ekspresi sedih seperti kata sedih (‘sad’) itu sendiri. Namun, Anda masih harus sabar menunggu karena hal ini masih berupa konsep.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *